Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara menerjunkan polisi berkuda (Turangga) untuk mengamankan kegiatan F1 Powerboat di Kota Balige, Kabupaten Toba.

"Kuda (Turangga) milik Baharkam Polri didatangkan untuk mem-'backup' (dukung) Polda Sumut dalam mengamankan kegiatan F1 Powerboat," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Sabtu.

Dia menjelaskan kedatangan polisi berkuda Turangga itu untuk menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat secara humanis terkait dengan keamanan dan kelancaran kegiatan itu.

Baca juga: Luhut dan Erick bahas rencana pembentukan tim F1 Powerboat Indonesia

Selain itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau wisatawan selama perlombaan perahu super cepat berlangsung.

"Polisi berkuda ini akan berada di Kota Balige hingga berakhirnya kegiatan F1 Powerboat. Empat ekor kuda ini patroli sekitaran venue (arena) utama hingga ke Bukit Pahoda menyampaikan imbauan kamtibmas secara humanis," ucapnya.

Pemantauan di lapangan, kehadiran polisi berkuda yang disiapkan Polda Sumut menjadi perhatian masyarakat serta penonton F1 Powerboat Lake Toba 2023.

Terlihat banyak masyarakat antusias dan senang bahkan meminta untuk foto bersama polisi berkuda tersebut.

"Ini besar kali kudanya, boleh foto ya Pak Polisi," ucap salah seorang penonton F1 Powerboat yang berasal dari Medan.

Baca juga: F1 Powerboat Danau Toba cetak sejarah dengan menggelar dua balapan
Baca juga: Masyarakat antusias saksikan balapan F1Powerboat Danau Toba
Baca juga: Kemenhub sediakan 50 bus gratis di F1 Powerboat Danau Toba

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023