Jakarta (ANTARA) -
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid hadir mengawal Calon Presiden RI Prabowo Subianto berdebat soal isu pertahanan pada debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Politikus Golkar itu duduk di barisan paling depan deretan kursi pendukung Prabowo tersebut terlihat sibuk mencatat di secarik kertas ketika lawan debat Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan memaparkan visi dan misi.
 
Sebagai informasi, Komisi I DPR RI merupakan komisi yang membidangi isu pertahanan, luar negeri, serta komunikasi dan informatika.
 
Meutya duduk tepat di belakang Prabowo, didampingi oleh putra Prabowo, Didiet Maulana, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
 
Pada saat jeda iklan, Prabowo terlihat menghampiri barisan pendukungnya itu dan sempat berbincang dengan Meutya Hafid.
 
Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
Debat capres tersebut dipandu oleh dua moderator, Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Dalam debat ini, terdapat 11 panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga peserta Pilpres 2024.

Baca juga: Prabowo: Kerja sama Selatan-Selatan untuk perkuat ekonomi RI
Baca juga: Anies terapkan politik merangkul untuk kerja sama Selatan-Selatan
Baca juga: Ganjar: Hilirisasi produk baterai majukan kerja sama Selatan-Selatan
 
Sebelumnya, anggota KPU RI August Mellaz mengatakan bahwa desain tata letak panggung debat tak mengalami banyak perubahan dari debat sebelumnya meskipun lokasi debat berpindah dari Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) ke Istora Senayan.
 
"Perubahan itu akan terjadi karena lokasi saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin tata letak dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1).
 
Terkait dengan format debat, KPU tidak mengubah dari debat sebelumnya.
 
Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh Capres RI Ganjar Pranowo. Selanjutnya, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima ialah pendalaman visi, misi, dan program kerja.
 
Moderator mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang peserta debat dan peserta lain akan saling menanggapi.
 
Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024