Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (7/1) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.


1. Ganjar tekankan pentingnya reformasi kepolisian atasi masalah keamanan

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya pelaksanaan reformasi kepolisian di Tanah Air untuk menuntaskan berbagai persoalan keamanan, terorisme, penyalahgunaan narkoba, pinjaman dan judi online, kekerasan seksual, bahkan kejahatan pencucian uang.

"Reformasi kepolisian betul-betul harus (mampu) mengantisipasi ini (berbagai persoalan keamanan)," kata Ganjar saat memaparkan visi dan misi serta program kerja dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


2. KPU gelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 malam ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang akan diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.

Selengkapnya klik di sini.


3. Prabowo: Tanpa kekuatan militer, bangsa akan dilindas seperti di Gaza

Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengatakan bahwa tanpa kekuatan militer sebuah bangsa akan dilindas seperti yang terjadi di Gaza, Palestina.

"Kalau buka ilmu pengetahuan paling dasar, kekuatan nasional harus ada kekuatan militer. Tanpa kekuatan militer, sejarah peradaban manusia mengajarkan bahwa bangsa akan dilindas seperti di Gaza sekarang ini, akan diambil kekayaannya akan diusir dari tanah airnya," kata Prabowo saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


4. Pengamat Unej nilai Anies dan Ganjar kuasai materi debat ketiga

Pengamat politik Universitas Jember Dr. Muhammad Iqbal menilai bahwa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo lebih menguasai materi dibandingkan Prabowo Subianto dalam debat ketiga dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik.

"Penguasaan materi baik saat pemaparan dan merespons kandidat saya kira paling tinggi ada pada capres Anies. Berikutnya Ganjar sedikit di bawah Anies. Sedangkan Prabowo justru paling buruk, tidak fokus dan berkali-kali terlihat sangat emosional," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu malam.

Selengkapnya klik di sini.


5. Mau bersalaman dengan Prabowo, Anies: saya cari sudah tidak ada

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan tidak ada momen bersalaman dirinya dengan calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto lantaran ia tidak menemukan keberadaan calon presiden nomor urut 2 itu usai gelaran debat ketiga pilpres tersebut.

Anies mengatakan dirinya sudah mencari calon presiden pasangan Gibran Rakabuming Raka itu usai debat, namun tidak menemukannya.

“Terakhir sesudah selesai, saya mencari tapi sudah tidak ada,” kata Anies Baswedan dalam konferensi pers usai gelaran debat ketiga pilpres di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1).

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024