Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal mengevaluasi aksi pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang mengacungkan tiga jari ketika Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berbicara saat debat.

"Ya nanti minta evaluasi dengan tim paslon," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1) malam.

Hasyim mengatakan aksi pendukung pasangan calon nomor 3 bakal dibahas dalam rapat evaluasi bersama tim pasangan calon. Dia juga akan meminta klarifikasi atas aksi tersebut.

"Ya nanti kami bahas dengan tim paslon ya saat evaluasi beberapa hal yang tadi, apa yang terjadi di situasi debat tadi. Apakah di situasi debatnya atau situasi para pendukungnya," katanya.

Baca juga: KPU jelaskan posisi Ganjar berada di tengah saat debat Pilpres 2024

Sebelumnya, para pendukung Ganjar-Mahfud mengacungkan tiga jari saat capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menanggapi pertanyaan Ganjar.

Momen itu terjadi saat Prabowo mengaku setuju dengan jawaban Ganjar. Para pendukung Ganjar pun terlihat mengacungkan tiga jari.

"Saya kok banyak setuju dengan Pak Ganjar, ya. Kalau benar, masuk akal, saya setuju. Kalau ngomong, ngomong, ngomong ya kumaha," ucap Prabowo.

Tak hanya itu, pendukung Ganjar-Mahfud juga melakukan hal yang sama saat capres nomor urut 1 Anies Baswedan berpidato. Kendati demikian, mereka lebih banyak mengacungkan jari saat Prabowo berpidato.

Baca juga: KPU: Tindakan elite PSI hampiri moderator debat saat iklan tak tepat

KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar tolak ajakan temu Prabowo untuk bahas data pertahanan
Baca juga: Anies: Jangan kompromi dalam urusan etika
Baca juga: Prabowo kecewa atas narasi 2 capres lainnya saat debat ketiga

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024