Program ini telah menyentuh seluruh Nusantara, dan akan terus berkembang pada tahun 2024 ini
Jakarta (ANTARA) - Program Penyambungan Listrik secara Gratis yang berasal dari donasi pegawai PT PLN (Persero) yakni "Light Up The Dream" telah memberikan sambungan listrik baru kepada 17.098 rumah keluarga prasejahtera sepanjang tahun 2023.

Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, program yang melibatkan pegawai PLN ini telah berkontribusi dan memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat dengan mewujudkan energi yang berkeadilan dan pemerataan akses listrik.

“Program ini telah menyentuh seluruh Nusantara, dan akan terus berkembang pada tahun 2024 ini. Hadirnya listrik akan dapat mendorong perekonomian keluarga dan dapat memberikan dampak positif dan berkah bagi kita semua,” kata Darmawan di Jakarta, Senin.

Sementara itu Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto menjelaskan program ini juga menjadi bentuk komitmen PLN dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) di Indonesia.

Sehingga dapat mendorong perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

Baca juga: PLN akselerasi pengembangan EBT untuk dukung transisi energi

Baca juga: PLN Sumut fokus jaga kualitas SPKLU di wilayahnya


“PLN hadir karena listrik menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, dengan kehadiran teman-teman pegawai PLN di masyarakat akan memberikan sumbangsih yang berarti utamanya bagi yang belum menikmati listrik agar bisa hidup lebih sejahtera,” ujar Didi.

Secara rinci, program ini telah menyalurkan listrik gratis ke berbagai titik. Di Pulau Sumatera, terdapat 246 keluarga di Aceh, 531 keluarga di Sumatera Utara, 223 keluarga di Riau, 2.004 keluarga di Sumatera Barat, 21 keluarga di Bangka Belitung, 406 keluarga di Sumatera Selatan Jambi Bengkulu (S2JB), dan 469 keluarga di Lampung yang telah mendapatkan aliran listrik dari PLN.

Begitu juga dengan Pulau Jawa, ada 189 keluarga di Banten, 923 keluarga di Jawa Barat, 2.201 keluarga di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta 910 keluarga di Jawa Timur sudah dialiri listrik.

Di Pulau Kalimantan, sebanyak 724 keluarga di Kalimantan Barat, 277 keluarga di Kalimantan Selatan dan Tengah, 447 keluarga di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sudah mendapatkan akses listrik 24 jam dari PLN. Sama halnya dengan 462 keluarga di NTB, 455 keluarga di NTT yang juga telah dilistriki oleh PLN.

Sementara itu di Pulau Sulawesi, sebanyak 3.571 keluarga di Sulawesi Selatan, Tenggara dan Sulawesi Barat sudah mendapatkan akses listrik ditambah dengan 637 keluarga di Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo.

Untuk Maluku dan Maluku Utara terdapat 583 keluarga serta sebanyak 1.811 keluarga di Papua dan Papua Barat juga sudah mendapatkan sambungan listrik secara gratis dari PLN.

Baca juga: PLN sebut pelanggan program "electrifying agriculture" naik 25 persen

Baca juga: PLN telah bangun 624 SPKLU dukung ekosistem kendaraan listrik

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024