Siapa pun yang akan memimpin Indonesia nanti, saya harap teman-teman terus bekerja sepenuh hati, mengabdi, senantiasa menjadi diplomat yang bermartabat, menjalankan profesionalisme yang tinggi
Bandung, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan kementerian pimpinannya akan menjaga netralitas dan siap bersumbangsih untuk menyukseskan Pemilu yang jujur dan adil.

"Saya yakin seluruh diplomat Indonesia senantiasa menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas,” kata Retno ketika menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2024 di Gedung Merdeka, Bandung, pada Senin.

Retno berterima kasih kepada seluruh diplomat dan tim Kementerian Luar Negeri di dalam dan luar negeri yang telah membantu menavigasi diplomasi Indonesia selama sembilan tahun terakhir pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Siapa pun yang akan memimpin Indonesia nanti, saya harap teman-teman terus bekerja sepenuh hati, mengabdi, senantiasa menjadi diplomat yang bermartabat, menjalankan profesionalisme yang tinggi dan terus menebarkan energi positif dan kebajikan,” tutur dia.

Baca juga: Menlu Retno tegaskan politik luar negeri Indonesia tidak transaksional

Ia berharap para diplomat terus memperjuangkan kepentingan nasional dan melanjutkan kontribusi Indonesia untuk dunia.

"Spirit Bandung akan terus memberikan ruh bagi politik luar negeri Indonesia. Politik luar negeri bebas aktif adalah napas dan tiang kita. Siapa pun yang akan memimpin Indonesia nanti, saya yakin tidak akan meninggalkannya," kata Retno.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada 14 Februari tahun ini.

Baca juga: Kemlu terus perkuat sistem pelindungan WNI

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024