Apakah Prandelli akan menurunkan gelandang-gelandang bertahan bertipe pekerja keras untuk menahan laju pergerakan Messi? Sebut saja, Daniele De Rossi dan Claudio Marchisio
Roma (ANTARA News) - Begitu asap putih mengepul dari cerobong ruang konklaf di Vatican dan kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi Paus Fransiskus, serta-merta pelatih timnas Italia Cesare Prandelli melambungkan nazar sebagai wujud sujud syukur.

Prandelli meniatkan untuk menggelar laga persahabatan antara Italia melawan Argentina. Nazar pelatih Azzurri itu akhirnya terkabul. Digelarlah laga persahabatan antara Italia melawan Argentina di Stadio Olimpico, Roma, pada Kamis dini hari WIB.

Prandelli akan menjamu Alejandro Sabella dalam laga di Roma yang disebut-sebut sebagai salah satu duel terseksi di bawah kolong langit dalam pekan ini.

Hanya saja, pemain bintang skuad Albiceleste, Lionel Messi dan pemain urakan skuad Azzurri, Mario Balotelli boleh jadi absen karena keduanya masih belum pulih benar dari cedera.

Pecinta bola lantas tidak perlu berkecil hati, masih ada sejumlah nama beken yang siap beraksi di Roma. Di kubu Italia, ada nama Daniele De Rossi dan Giorgio Chiellini; sementara di barisan Argentina bercokol nama Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, and Angel Di Maria.

Apakah Andrea Pirlo atau Stephan El Shaaraway bakal merepotkan pertahanan Argentina? Kalau saja Messi membela negaranya, bagaimana cara Italia membendung La Pulga?

Di Italia, ada pemain yang  siap terus bersinar, yakni Insigne dan De Silvestri. Di lini gelandang, pilihan jatuh kepada De Rossi dan pemain bertenaga Marchisio. Pemain-pemain inilah yang siap membendung alur serangan Argentina, termasuk pergerakan eksplosif dari Messi.

Prandelli, sebagaimana menghadapi Spanyol, akan mengandalkan formasi 4-5-1, meski Balotelli bakal absen. Posisinya akan diganti penyerang AS Roma, Pablo Osvaldo, yang nota bene pemain kelahiran Argentina. Sementara, bek Andrea Barzagli juga absen karena masih dibekap cedera otot Achilles.

Prandelli juga diperkuat oleh skuad veteran seperti  Andrea Pirlo, Gianluigi Buffon, Daniele De Rossi dan Riccardo Montolivo.

Sabella, menghadapi Italia, memang memboyong sederet barisan penyerang termasuk di dalamnya Lionel Messi, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, dan Erik Lamela.

Prakiraan susunan pemain:
Italia (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang); Chiellini, Bonucci, Astori; Pirlo, De Rossi, Marchisio, Montolivo; El Shaarawy, Balotelli

Argentina (4-4-2):
Romero (penjaga gawang); Zabaleta, Garay, Coloccini, Campagnaro; Mascherano, Lamela, Banega, Di Maria; Messi, Higuain

Analisis laga:

*Pertahanan Italia vs Lionel Messi:
Motor serangan Argentina ada dalam diri Messi, meski ia masih menderita cedera. Para pendukung Albiceleste dan Azzurri sangat berharap menyaksikan aksi pemain itu. Pertandingan ini memanggungkan kekokohan pertahanan ala Italia melawan agresivitas gelandang-gelandang Argentina.

* Balotelli vs Fernandez dan Garay:
Sabella terus memoles penampilan dua bek tengah, Federico Fernandez dan Ezequiel Garay. Kedua pemain ini punya skill mumpuni dalam penguasaan bola dan fisik yang kuat.

Di masa depan, kedua pemain itu bakal berlabel "berkelas dunia". Hanya saja jalinan komunikasi antara kedua pemain ini perlu terus ditingkatkan karena keduanya bakal menghadapi striker brilyan seperti Balotelli.

* Bek-kiri Argentina vs Antonio Candreva dan Christian Maggio:
Salah satu isu hangat bagi pasukan asuhan Prandelli yakni mencari skuad yang ngepas, meski ada nama-nama seperti Christian Maggio, Antonio Candreva dan Emanuele Giaccherini. Penampilan ketiga pemain ini terbilang cemerlang bagi Azzurri.

Sementara, Argentina punya masalah menahun di bek-kiri. Marcos Rojo yang kini bermain di Sporting Lisbon kerapkali menjadi pilihan pertama bagi Sabella, meski penampilan pemain ini masih rentan diterobos pemain depan lawan.

Italia besar kemungkinan memanfaatkan kelemahan di lini bek kiri Argentina. Dan Prandelli secepat kilat mampu mengidentifikasi kelemahan pasukan Albiceleste dengan memasang pemain sayap yang punya kecepatan.

Andrea Pirlo vs. Javier Mascherano:
Laga persahabatan ini juga menyimpan pesona duel dari Andrea Pirlo berhadapan dengan pemain berbakat, Javier Mascherano.

Pertandingan melawan Italia menjadi batu ujian serentak batu penjuru bagi Mascherano. Dan Azzurri bereaksi dengan pasang kuda-kuda.

Pirlo dikenal sebagai pemain berpengalaman dalam mencari, membuka dan menemukan ruang; sementara Mascherano trengginas menutup pergerakan lawan.

Komentar dua pelatih:

Cesare Prandelli (Italia):
"Pertandingan melawan Argentina memuat makna istimewa karena disaksikan sendiri oleh Paus Fransiskus. Kedua tim tinggal di hotel yang sama. Atmosfer bersaing kini menyelimuti setiap pemain dari kedua tim. Saya berharap Paus datang menyaksikan laga ini."

"Kami ingin membangun tim ini secara berkesinambungan, tim yang punya etos kerja keras sebagaimana ketika kami turun bertanding di Piala Konfederasi. Keseimbangan menjadi pertimbangan."

Alejandro Sabella (Argentina):
"Saya belum dapat mengonfirmasi mengenai tim yang akan diturunkan dalam pertandingan nanti. Saya punya banyak pemain yang siap bertanding. Kami akan mempertimbangkan secara masak-masak susunan pemain."
 
Prediksi tiga besar:
 
* Italia 1-3 Argentina (14,89 persen)
* Italia 2-1 Argentina (13,54 persen)
* Italia 1-2 Argentina (12,35 persen)

Lima laga terakhir:     

Italia
30 Juni 2013    Uruguay 2 - Italia 2    FCC
27 Juni 2013    Spanyol 0 - Italia 0    FCC
22 Juni 2013    Italia 2 - Brazil 4    FCC
19 Juni 2013    Italia 4 - Jepang 3    FCC
16 Juni 2013    Mexico 1 - Italia 2    FCC

Argentina
15 Juni 2013    Guatemala 0 - Argentina 4    FR
11 Juni 2013    Ekuador 1 - Argentina 1    WCQ
7 Juni 2013    Argentina 0 - Colombia 0    WCQ
26 Maret 2013    Bolivia 1 - Argentina 1    WCQ
23 Maret 2013    Argentina 3 - Venezuela 0    WCQ

Narasi prediksi:
* Kalau memang Messi diturunkan, maka boleh jadi lini pertahanan Italia bakal ditekan habis-habisan. Menarik melihat respons Prandelli mengenai penunjukan siapa pemain yang bertugas membendung serangan Argentina ini.
* Apakah Prandelli akan menurunkan gelandang-gelandang bertahan bertipe pekerja keras untuk menahan laju pergerakan Messi? Sebut saja,  Daniele De Rossi dan Claudio Marchisio untuk melapis barisan pertahanan Italia yang dipercayakan kepada Giorgio Chiellini.

Prediksi editor Antaranews.com:
Italia: 0
Argentina: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013