Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden (Capres) Anies Baswedan mengatakan bahwa sosok Pahlawan Nasional Nani Wartabone asal Provinsi Gorontalo, merupakan contoh bagi generasi penerus untuk memperjuangkan keutuhan terkait persatuan dan kesatuan bangsa ke depan.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, Anies sangat mengagumi sosok pahlawan tersebut karena kegigihannya dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Di sini kami mendoakan semoga kegigihan perjuangan pahlawan nasional menjadi inspirasi. Insyaallah akan lebih banyak lagi pejuang-pejuang seperti Pak Nani di Gorontalo," kata Anies usai berziarah di makam pahlawan nasional itu bersama dengan cucu dari Nani Wartabone, yaitu Arisman Wartabone.
 
Menurut Anies, Nani adalah pejuang yang pemikirannya melampaui zaman pada masa itu.
 
Nani dinilai sudah memproklamasikan kemerdekaan, jauh sebelum proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.
 
 
Lebih lanjut, mantan rektor Universitas Paramadina itu menyampaikan, sosok pria itu sangat konsisten memperjuangkan persatuan, khususnya saat menentang segala bentuk perpecahan dan gerakan yang memecah persatuan pada masa Republik Indonesia Serikat (RIS) dan PRRI atau Permesta saat itu.
 
"Beliau pribadi yang penuh kesederhanaan, pemimpin yang lahir dari proses panjang. Sejak remaja ia merintis perjuangan dengan mendirikan Jong Gorontalo," kata mantan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.
 
Anies juga mengapresiasi sosok Nani sebagai sosok sederhana hingga akhir hayat, meski sudah menjadi tokoh kemerdekaan pada masa itu.
 
"Sosok yang amat sederhana, setelah menjadi pemimpin di masa revolusi, pemimpin pemerintahan Gorontalo setelah kemerdekaan. Dan di akhir hidup beliau sebagai seorang petani sederhana di desa," kata Anies saat mengenang sosok tersebut.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024