Jakarta (ANTARA) - Gojek, unit bisnis on-demand service dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo”, BEI: GOTO) mengawali tahun baru dengan mengumumkan juara nasional program Gojek Campus Ambassador 2023.

Gojek Campus Ambassador 2023, yang dimulai September 2023, mendapat 72 ribu pendaftar. Program itu sudah ditutup dengan penentuan dua juara tingkat nasional dan 44 pemenang tingkat kota dari seluruh Indonesia.

Melalui program Gojek Campus Ambassador, Gojek ingin mendorong pemanfaatan teknologi di kalangan anak muda. Sebanyak 478 Gojek Campus Ambassador terpilih berhasil mengenalkan pemanfaatan teknologi Gojek untuk memudahkan kehidupan sehari-hari kepada ratusan ribu pengguna baru serta pelanggan Gojek dalam waktu tiga bulan saja.

"Anak muda tumbuh dan berkembang dengan dikelilingi teknologi. Namun, belum banyak yang memanfaatkan teknologi digital dengan optimal untuk memudahkan aktivitas keseharian mereka. Padahal, pengetahuan dan penguasaan atas solusi-solusi berbasis teknologi digital menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh talenta-talenta masa depan," kata Head of Regions Gojek Gede Manggala.

Baca juga: Keterbatasan tak halangi Ilham Fadilah jadi driver GoSend berprestasi

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun.

“Melalui program Gojek Campus Ambassador, kami tidak sekadar mengenalkan pemanfaatan teknologi untuk mudahkan keseharian anak muda, namun, juga membekali para Gojek Campus Ambassador terpilih dengan berbagai pelatihan soft skill dan hard skill agar bisa kompetitif di tengah persaingan yang ketat untuk membangun karir di masa depan. Harapannya, mereka bukan hanya menjadi konsumen teknologi, namun, sebaiknya juga mampu memanfaatkan teknologi untuk menjadi solusi agar lebih produktif," kata Gede menambahkan.
(Kiri - Kanan) Mahriza Haq dan Rizki Apriza, pemenang Gojek Campus Ambassador tingkat nasional. (ANTARA/HO-Gojek)


Mahasiswi asal Medan, Sumatera Utara, Mahriza Haq terpilih sebagai pemenang nasional Gojek Campus Ambassador. Selain Mahriza, mahasiswa asal Jakarta Rizki Apriza juga menjadi juara tingkat nasional Gojek Campus Ambassador.

Mahriza mengatakan salah satu pengalaman berharga yang dia dapatkan dengan menjadi Gojek Campus Ambassador adalah membangun jejaring.

“Manfaat paling berharga bagi saya adalah bisa membangun jaringan nasional dari seluruh kampus se-kota medan dan se-Indonesia, serta belajar langsung dari perusahaan teknologi kelas dunia seperti Gojek. Saya juga senang bisa mewakili Kota Medan, bisa mewakili kampus saya yaitu Politeknik Ganesha Medan dan berbagi ilmu dengan teman-teman di kampus, dan tak lupa pula berbagi pengalaman di dunia media sosial yang saya miliki," kata Mahriza.

Sementara bagi Rizki, dia bisa berbagi informasi tentang Gojek kepada teman-temannya dengan menjadi Gojek Campus Ambassador.

Baca juga: GoFood luncurkan Promo Nampol untuk pelanggan khusus di akhir tahun

“Pengalaman yang paling berkesan selama menjadi Campus Ambassador adalah ketika Gojek berhasil mengadakan Webinar dan Sharing Session bersama narasumber terkenal, seperti Vina Muliana dan Jerome Pollin yang dihadiri banyak mahasiswa seluruh Indonesia. Selain itu, dengan berbagi informasi terbaru tentang Gojek kepada teman-teman, saya merasa telah menjadi bagian dari keluarga besar Gojek serta berkontribusi langsung untuk mendukung pemanfaatan teknologi karya anak bangsa. Ini menjadi suatu pengalaman berharga seumur hidup," kata Rizki.
(Kiri - Kanan) Sesi pelatihan Personal Branding for Career Preparation oleh Profesional HR dan kreator konten Vina Muliana dan Exclusive Sharing Session bersama Jerome Polin untuk Gojek Campus Ambassador. (ANTARA/HO-Gojek)


Selain mendapatkan uang saku dan ditraktir berbagai layanan Gojek, seluruh Gojek Campus Ambassador mendapatkan berbagai pelatihan, mulai dari Critical Thinking and Problem Solving oleh perwakilan tim Gojek, Personal Branding for Career Preparation oleh Profesional HR dan kreator konten Vina Muliana, serta Exclusive Sharing Session bersama Jerome Polin untuk mengetahui rahasia di balik kesuksesan Jerome untuk menjadi figur publik yang berprestasi dalam akademis, bisnis, dan media sosial.

Sementara itu, bagi kedua pemenang nasional, mereka berhak mendapatkan tabungan pendidikan sebesar total Rp40 juta. Tiga pemenang dari masing-masing kota mendapatkan tabungan pendidikan sebesar Rp2 juta.
Acara kelulusan dan pengumuman pemenang Gojek Campus Ambassador diselenggarakan di setiap kota. (ANTARA/HO-Gojek)


Saat ini, seluruh pemenang Gojek Campus Ambassador sedang bersiap untuk belajar dari tim Gojek melalui program magang 2024. Sebanyak 478 alumni Gojek Campus Ambassador juga berkesempatan ikut serta dalam berbagai program yang diadakan Gojek pada tahun ini.

Nantikan program Gojek Campus Ambassador 2024!

Baca juga: Menhub RI teteskan air mata dengar kisah anak mitra Gojek lulus kuliah

Baca juga: Bos Bank Jago melihat kesempatan dalam kolaborasi Tokopedia-TikTok

Baca juga: Gojek umumkan kelulusan angkatan pertama program Beasiswa Gojek

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024