Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo kembali meresmikan tiga jembatan pengganti jembatan callender hamilton dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Banten, Senin.

Ketiga jembatan tersebut adalah Jembatan Cisadane A dan B Kota Tangerang, Jembatan Batu Ceper Kota Tangerang, serta Jembatan Tawing 1 Kabupaten Serang.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Jembatan Cisadane A dan B, Jembatan Batu Ceper Kota Tangerang, dan Jembatan Tawing 1 Kabupaten Serang," kata Presiden dalam sambutannya saat peresmian yang dipusatkan di Jembatan Cisadane, Kota Tangerang, Banten, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Presiden menjelaskan bahwa di Pulau Jawa terdapat 37 jembatan callender hamilton yang tersebar di beberapa provinsi, yaitu Provinsi Banten ada 3 jembatan, Provinsi Jawa Barat ada 16 jembatan, Provinsi Jawa Tengah ada 9 jembatan, dan Provinsi Jawa Timur ada 9 jembatan.

Menurut Presiden, jembatan-jembatan tersebut memiliki usia layanan sudah lebih dari 40 tahun.

Baca juga: Jokowi: Pembangunan Bendungan Karian menelan biaya Rp2,2 triliun

"Sehingga memang perlu diganti karena sudah melewati usia layanan dan rentan untuk runtuh apabila ada beban logistik yang terlalu berat," kata Presiden.

Presiden mengatakan bahwa tiga jembatan pengganti callender hamilton di Provinsi Banten tersebut menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp270,5 miliar.

Biaya tersebut meliputi Jembatan Cisadane A dan B dengan biaya konstruksi Rp106,7 miliar, Jembatan Batu Ceper dengan biaya konstruksi Rp123,2 miliar, serta Jembatan Tawing 1 dengan biaya konstruksi Rp40,6 miliar.

Presiden pun berharap penggantian jembatan-jembatan tersebut akan makin memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Provinsi Banten dan sekitarnya.

Salah satunya adalah meningkatkan aksesibilitas jalan antarkabupaten dan antarkota di Provinsi Banten.

Baca juga: Jokowi salurkan bantuan cadangan pangan kepada warga Serang

"Dan melancarkan mobilitas angkutan barang, angkutan orang, angkutan logistik, dan menekan biaya transportasi menjadi semakin efisien," tutur Presiden.

Warga setempat pun menyambut baik kehadiran jembatan baru yang ada di wilayahnya.

Salah satunya Peni, warga Kota Tangerang, berharap agar kehadiran jembatan Cisadane A dan B tersebut dapat berfungsi dengan baik.

“Sangat luar biasa banget, semoga berfungsi dengan baik,” harap Peni.

Sementara itu, warga lainnya bernama Away memiliki harapan agar kehadiran jembatan baru di wilayahnya dapat meningkatkan potensi pariwisata Kota Tangerang.

“Senang pak, semoga Tangerang selalu maju, jadi objek wisata juga,” kata Away.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj. Wali Kota Tangerang Nurdin.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024