Kementerian Koperasi dan UKM memberikan kuota penyaluran KUR kepada Bank Aceh sebesar Rp1,5 triliun pada 2024 ini
Banda Aceh (ANTARA) - Bank Aceh Syariah (BAS) menyediakan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp1,5 triliun pada 2024 untuk  mendukung pergerakan ekonomi rakyat.

"Kementerian Koperasi dan UKM memberikan kuota penyaluran KUR kepada Bank Aceh sebesar Rp1,5 triliun pada 2024 ini," kata Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Muhammad Syah di Banda Aceh, Senin.

Angka tersebut meningkat jika dilihat dari progres penyaluran KUR tahun 2023 sebesar Rp721 miliar. Untuk sektor mayoritas yaitu perdagangan, pertanian, jasa hingga industri pengolahan.

Muhammad Syah menyampaikan sejauh ini Bank Aceh telah mewujudkan komitmen untuk membangun UMKM Tangguh. Di mana sebanyak 35 gerai UMKM Bank Aceh hadir mendorong semangat kolaboratif serta memperkuat daya saing produk.

Baca juga: BI jadikan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sebagai kawasan digital

Baca juga: Bank Indonesia catat penambahan 174 ribu pengguna baru QRIS di Aceh


Guna mendukung UMKM naik kelas, kata dia, Bank Aceh juga melakukan pendampingan kepada 5.200 pelaku usaha melalui skema pelatihan berbasis potensi sumber daya yang spesifik menjadikan UMKM Bank Aceh tangguh dan andal.

"Pada 2024 ini kami berupaya menjangkau lebih banyak calon nasabah yang membutuhkan KUR untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM lebih baik, dan menjadikan Bank Aceh sebagai motor penggerak perekonomian Aceh serta sebagai 'agent of development' di Aceh,” ujarnya.

Ia menambahkan masyarakat yang ingin mengajukan pembiayaan KUR tahun 2024, sudah bisa langsung mendatangi Bank Aceh terdekat agar tidak kehabisan kuota.

"Fasilitas pembiayaan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Aceh dalam mengembangkan usaha dan menciptakan atmosfir UMKM tangguh dan andal di Aceh," kata Muhammad Syah.

Baca juga: Bank Aceh-Taspen edukasi wirausaha pintar ASN memasuki usia pensiun

Baca juga: Expo Property Bank Aceh mendukung program perumahan rakyat

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024