Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) membentuk juru bicara (jubir) dan relawan di luar negeri.

"Keputusan ini mencerminkan komitmen mendalam pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin, untuk membangun jembatan komunikasi dengan diaspora Indonesia di seluruh dunia," kata co-captain Timnas AMIN Beni Pramula dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pembentukan relawan dan jubir itu dilakukan secara virtual, untuk beberapa negara diantaranya Turki, Rusia, dan Pakistan.

"Keberpihakan itu terbukti pada misi diplomasi luar negeri, yang sangat mendukung diaspora Indonesia untuk studi dan bekerja di luar negeri, dan mengharumkan nama Indonesia di mana pun berada," jelasnya.

Selama kampanye pemilu ini, ia berharap para jubir dan relawan luar negeri akan berperan aktif menyuarakan gagasan dan visi misi Anies-Muhaimin.

"Energi dan semangat perubahan yang tak terbendung adalah kekuatan pendorong kami," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Jubir Muda Luar Negeri Astrid Nadya Rizqita menegaskan pentingnya keragaman dalam penyampaian pesan Anies-Muhaimin di seluruh dunia.

"Kami percaya masing-masing juru bicara akan memberikan nuansa yang kaya dan mendalam, dalam menyuarakan pesan positif ini ke seluruh dunia, dengan semangat kesetaraan dan kolaborasi," katanya menegaskan.

Jubir Luar Negeri AMIN dari Turki Fauzul Azhim bin Fakhrurazi menyatakan tekadnya untuk bergerak menyuarakan perubahan untuk masyarakat Indonesia di Turki.

"Kami siap bergerak dan menyuarakan semangat perubahan serta visi misi Anies-Muhaimin di seluruh penjuru Turki. Kami akan membuat event-event virtual yang mengangkat esensi AMIN untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat Indonesia di sini," katanya menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Indonesia Indicator sebut Anies menangkan hati warganet usai debat
Baca juga: Soal APK AMIN, Bawaslu koordinasi dengan pengelola Kampung Akuarium
Baca juga: Timnas AMIN: Anggaran pertahanan dan pengadaan alutsista bukan rahasia

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024