Sebanyak 64 juta di antaranya adalah usaha mikro, dan dari 64 juta tersebut, 60 persen dimiliki dan dikelola oleh perempuan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan yang merupakan salah satu faktor penting dalam memajukan Indonesia di masa depan.

"Mereka -wirausahawan perempuan- juga telah menunjukkan bahwa dengan gairah, ketekunan, kerja keras, dan adaptif, disertai tujuan yang kuat, seseorang dapat menciptakan tidak hanya kekayaan, tetapi juga dampak sosial dan ekonomi yang positif dan berkelanjutan, kemampuan resiliensi atau kelenturan perempuan pelaku ekonomi terhadap guncangan ekonomi, termasuk ketidakstabilan perekonomian dunia akhir-akhir ini," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Bintang Puspayoga, kewirausahaan perempuan merupakan entry point dan bukti dari tekad para perempuan yang berani mengambil risiko, memanfaatkan peluang, dan membangun usaha yang sukses.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat ada 65 juta UMKM di Indonesia.

Sebanyak 64 juta di antaranya adalah usaha mikro, dan dari 64 juta tersebut, 60 persen dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Menteri PPPA mengatakan, Bali Great Sale 2023 merupakan contoh nyata kolaborasi yang berhasil antara sektor bisnis dan pemerintah.

Menurut dia, acara tersebut sejalan dengan program pemerintah yang memberikan perhatian serius pada pelaku UMKM, salah satunya program Prioritas Pemberdayaan Perempuan di Bidang Kewirausahaan yang Berperspektif Gender.

"Pemerintah mendukung upaya-upaya yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal, dan Bali Great Sale 2023 menjadi contoh nyata kolaborasi yang berhasil antara sektor bisnis dan pemerintah. Terlebih lagi, melibatkan 11 mall anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia -APPBI- Dewan Pimpinan Daerah -DPD- Bali adalah sebuah langkah yang sangat strategis, yang tentunya akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat Bali," katanya.

Bintang Puspayoga juga mengapresiasi inisiatif untuk mengangkat nilai UMKM dengan memberikan area bazaar dan potongan harga dari tenant besar di setiap mall.

"UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam struktur ekonomi kita, dan melibatkan mereka dalam kegiatan seperti ini adalah upaya nyata untuk meningkatkan daya saing dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024