Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti tiga calon presiden berjalan menarik dan lebih hidup dibandingkan dengan era Pilpres 2019.

"Saya melihat perdebatannya bagus, terbuka, dan artinya mereka berdebat, terutama ya sesi perdebatan itu saya kira menarik. Dibanding dulu waktu saya, sekarang lebih hidup perdebatannya," ujar Wapres di sela kunjungan kerja di Yogyakarta, Selasa, sebagaimana disaksikan dalam video di Jakarta.

Meskipun demikian Wapres enggan mengomentari tentang substansi debat yang berlangsung di Jakarta, Minggu (7/1) malam itu.

Dia mempersilakan masyarakat untuk menilainya sendiri.

"Tapi soal substansi saya kira saya tidak perlu memberi komentar. Saya kira masyarakat sendirilah (yang menilai)," ujarnya.

"Masalah substansinya mana yang baik, mana yang kurang baik, mana yang bagus, itu kan publik (menilai). Tidak etis kalau saya masuk ke substansi," imbuhnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memberikan pendapatnya mengenai debat ketiga Pilpres 2024. Presiden menilai substansi visi calon presiden dan calon wakil presiden dalam debat ketiga Pilpres 2024 tidak tampak.

Presiden melihat ada saling serang personal dalam debat kali itu. Semestinya, kata Presiden, saling serang dilakukan terhadap visi dan kebijakan saja.

Baca juga: Wapres: Kampanye fokus pada isu kunci atasi tantangan bangsa

Baca juga: Wapres: Jangan sampai terjadi permusuhan meski berbeda pilihan capres

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024