Sebenarnya kalau pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Anies dijawab dengan santai, biasa saja, tidak ada masalah apa-apa
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan bahwa Anies sama sekali tidak bermaksud menyerang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1) lalu.

"Saya perlu tegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh pak Anies itu sejak awal adalah sebuah pernyataan biasa saja," kata Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN, Hamdan Zoelva di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, ketika Prabowo menanggapi pernyataan dan pertanyaan Anies secara biasa maka tidak ada persoalan yang saat ini sedang santer diberitakan.

Zoelva mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh Anies saat debat bersumber dari data-data yang semua orang dapat memperoleh melalui mesin pencarian atau jejak digital.

Ia menegaskan bahwa debat itu juga sama sekali tidak menyerang pribadi, namun kebijakan dan masalah kenegaraan yang memang harus dibuka kepada publik.

"Sebenarnya kalau pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Anies dijawab dengan santai, biasa saja, tidak ada masalah apa-apa. Kalau seandainya saya sih itu saya jawab santai saja, biasa saja, jadi enggak ada suasana serang," katanya.

Baca juga: Timnas: Mungkin Jokowi perlu datang ke Desak Anies sekali-sekali
Baca juga: Prabowo sebut tanah yang disinggung Anies adalah HGU


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015 itu menambahkan bahwa pada debat pilpres memang harus terbuka kepada masyarakat atau pemilih, seperti rekam jejak calon, visi, misi dan gagasan untuk memimpin bangsa.

Untuk itu, ketika apa yang disampaikan Anies dinyatakan menyerang, maka itu sangat keliru mengingat capres nomor urut 1 itu hanya menyampaikan data yang ada.

"Debat ini menyangkut masalah kenegaraan, yang memang harus dibuka, termasuk rekam jejak masing-masing. Karena itu lah maksudnya debat itu," katanya.

Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 membahas soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Rangkaian debat capres-cawapres masih berlangsung dua kali lagi, yakni pada tanggal 21 Januari dan 4 Februari 2024.

KPU telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ini alasan Ganjar beri nilai 5 untuk kinerja Kemhan dipimpin Prabowo
Baca juga: Bawaslu DKI imbau pemasangan alat peraga kampanye sesuai ketentuan KPU

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024