Ada enam kapal yang sudah konfirmasi di Sabang cruise schedule. Mudah-mudahan ada tambahan kunjungan lagi.
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Sabang menyebut enam unit kapal pesiar yang membawa turis asing dijadwalkan akan bersandar di Pulau Weh, Sabang selama tahun 2024, sehingga diharapkan mampu memberi dampak peningkatan ekonomi bagi pelaku usaha lokal.

“Ada enam kapal yang sudah konfirmasi di Sabang cruise schedule. Mudah-mudahan ada tambahan kunjungan lagi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sabang Faisal Azwar di Kota Sabang, Aceh, Selasa.

Adapun enam kapal tersebut, yaitu kapal pesiar Amera dijadwalkan bersandar pada 14 Februari, Crysal Serenity pada 8 April, Azamara Onward pada 9 April, kemudian Oceania Riviera pada 2 Mei, Seabourn Encore pada 4 Desember, dan Marella Discovery 2 pada 9 Desember 2024.

Ia menjelaskan kunjungan kapal pesiar tersebut sangat memberi dampak bagi pelaku ekonomi kreatif di kota paling barat Indonesia itu. Semakin ramai kunjungan, maka pasar ekonomi kreatif (ekraf) masyarakat akan semakin luas.

“Para pelaku ekonomi kreatif sangat senang dengan adanya kunjungan kapal pesiar. Semakin ramai kunjungan, semakin besar pasar ekraf, sehingga meningkatkan pendapatan para pelaku ekraf dan juga bisa menambah daya ungkit ekonomi masyarakat Sabang,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan Pemkot Sabang terus berkolaborasi dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), untuk meningkatkan jumlah kunjungan kapal pesiar ke Sabang.

Pada tahun 2023, setidaknya ada delapan kapal pesiar yang bersandar di Dermaga BPKS, yakni kapal pesiar Coral Geografher, Amera, Insignia, Nautica, Crystal Simpony, Azamara Journey, Vasco Da Gama, dan Seabourn Encore.

"Tentunya dengan kunjungan kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara ini, meningkatkan pendapatan serta perputaran ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ujarnya.

Ia menilai kunjungan kapal pesiar juga menjadi sarana promosi dan investasi para investor asing di Kota Sabang, sehingga hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat baik dari sektor pariwisata maupun UMKM.

"Kita harapkan bersama, tahun ini lebih banyak lagi kapal pesiar yang singgah di Kota Sabang," ujarnya lagi.
Baca juga: Kapal pesiar MS Nautica perdana ke Sabang Aceh bawa 477 turis asing
Baca juga: Kapal pesiar Crystal Symphony bawa 105 turis asing mendarat di Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024