Jakarta (ANTARA) - Robot Ballie dari Samsung telah kembali ke peredaran, dan sekarang, robot ini juga menjadi proyektor yang dapat mengikuti pemiliknya bak hewan peliharaan.

Pada gelaran teknologi terbesar dunia Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Amerika Serikat baru-baru ini, Samsung mengungkapkan versi terbaru dari robot Ballie yang berbentuk bulat, dan fitur barunya yang khas adalah dapat memproyeksikan berbagai hal ke lantai, dinding, atau langit-langit saat mengikuti penggunanya di sekitar rumah. 

Baca juga: Samsung buka pusat riset AI di New York untuk kembangkan robot

Dalam sebuah video, Ballie tampil dengan warna kuning ceria, memiliki banyak trik proyeksi yang cerdas, termasuk memutar video burung untuk ditonton oleh seekor anjing, menampilkan panggilan video di dinding, dan menampilkan video kebugaran untuk seseorang yang sedang berolahraga.

Laman The Verge, Selasa (9/1) waktu setempat, melaporkan bahwa Samsung mengklaim Ballie dapat secara otomatis menyesuaikan proyeksi tergantung pada seberapa jauh jaraknya dari dinding dan kondisi pencahayaan.

“Ini adalah proyektor pertama di dunia yang secara otomatis mendeteksi postur tubuh dan sudut wajah seseorang dan menyesuaikan sudut proyeksi yang optimal untuk Anda,” Samsung mengklaim.

Robot ini juga berfungsi sebagai asisten rumah tangga yang cerdas, menyalakan lampu dan mengeluarkan makanan anjing, serta mengirim pesan kepada seseorang untuk memberi tahu mereka apa yang sedang dilakukannya. Ballie disebut dapat mengendalikan AC, lampu, mesin cuci, dan banyak lagi.

Ballie juga dapat mengikuti penggunanya di sekitar rumah dan menyapa ketika masuk ke pintu, hingga mengisi langit-langit di atas tempat tidur dengan pemandangan kosmik.

Baca juga: Amazon kenalkan robot asisten rumah "Astro"

Baca juga: UNS kembangkan robot asisten tenaga kesehatan

Baca juga: Robot tawarkan bantuan hukum di China


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024