Banyumas (ANTARA) - Warga Desa Watuagung Banyumas, Jawa Tengah, mengeluhkan ketiadaan jaringan sinyal internet saat calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi mereka, Selasa malam.

Mulanya, seorang warga bernama Waryo menyampaikan aspirasinya kepada Ganjar mengenai perlu adanya Base Transceiver Station (BTS). Sebab, di Desa Watuagung
tidak ada akses sinyal.

“Di sini tidak ada internet, sinyal hilang,” kata Waryo saat berdialog dengan Ganjar.

Dia berharap ketika Ganjar menjadi Presiden di 2024 ini, Desa Watuagung bisa mendapatkan tower BTS. Sehingga, warga bisa mendapat jaringan sinyal di sana.

“Semoga pas bapak jadi presiden bisa memberikan BTS di desa kami,” ungkap Waryo.

Mendapatkan keluhan tersebut, Ganjar mengatakan dirinya mempunyai komitmen untuk pengentasan zona blank spot dalam rangka melayani masyarakat yang mengalami kendala jaringan atau wilayah tidak memiliki sinyal akibat tiadanya menara telekomunikasi.

“Tapi kalau kita melihat kondisi seperti ini yang kita ceritakan terkait dengan coveragenya. Maka kita melihat Jawa Tengah, Banyumas, belum merata bagaimana di tempat lain?” ujar Ganjar.

Ia juga menyatakan pemerataan akses internet harus mendapatkan perhatian penuh saat dirinya menjabat sebagai presiden.

Menurut Ganjar, sejatinya proyek pengadaan BTS sudah dilakukan sekarang ini. Namun, memang masih ada wilayah yang belum tercakup.

Untuk m itu, dia berharap dalam perjalanannya pemasangan BTS ini untuk tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Sebenarnya programnya kemarin-kemarin sudah ada. Sekarang juga mulai berjalan, membangun BTS-BTS. Maka saya bilang jangan dikorupsi, kalau itu tidak dikorupsi saya kira persebarannya akan makin banyak lagi. Kalau dipasang aja masih ada blank spot,” pungkas Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambe
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024