Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyebutkan bahwa komunikasi merupakan cara paling efektif untuk meredam suatu tindakan melanggar hukum.
 
Kapolda Metro Jaya menyampaikan hal tersebut saat melaksanakan kegiatan kunjungan ke Pos Satkamling RW. 04 Kramat Jl. Kramat Pulo Raya GG. 10 RT. 2 RW. 4 Kramat Senen, Jakarta Pusat, Selasa malam.
 
"Di setiap pos kamling harus ada nomer telepon Kapolsek atau Bhabinkamtibmas untuk dihubungi oleh masyarakat, kerena komunikasi merupakan cara paling efektif untuk meredam suatu tindakan melanggar hukum, " ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa.
 
Selain itu, Karyoto juga memerintahkan agar para Bhabinkamtibmas untuk menghidupkan kembali Pos Kamling di wilayahnya, karena hal ini merupakan suatu wadah untuk silahturahmi, saling kenal dan bertukar informasi.
 
Karyoto juga mengatakan kegiatan kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan Polda Metro Jaya dalam mencegah suatu tindakan melanggar di lingkungan sekitar.
 
"Peran orang tua sangat penting dalam memantau anak melakukan hal negatif, orang tua harus bisa membatasi atau mencegah hal tersebut, alat kontrol yang paling gampang dalam memantau anak adalah HP, " katanya.
 
Lebih Lanjut Karyoto mengatakan banyak korban meninggal akibat tawuran adalah remaja yang masih SMA, karena itu segala sesuatu yang berkaitan dengan anak merupakan tanggung jawab orang tua.
 
"Sebagai orang tua harus tahu kebiasaan anak kita, sedang apa dimana dan dengan siapa dan saya sudah memerintahkan kepada Dirkrimsus untuk mencari orang atau kelompok yang suka menghasut anak-anak kita untuk melakukan tawuran," ucapnya.
 
Kemudian, Karyoto berpesan terkait Pemilu 2024 agar berbagai kalangan masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati pilihan satu sama lain karena Pemilu ini merupakan pesta demokrasi sehingga harus dilaksanakan dengan bahagia dan aman.
 
"Siapa pun yang menang harus kita hargai dan kita dukung demi kemajuan Indonesia ke depannya, mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita masing-masing, " ucapnya.
 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Badya Wijaya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0501/JP Letkol Inf Bangun I.E. Siregar, Camat Senen Rony Jatmiko dan perwakilan dari BNNK Jakarta Pusat AKBP Desi.

Baca juga: Legislator minta DKI pasang CCTV di Jaksel untuk tekan kriminalitas
Baca juga: Kriminalitas di Jakarta meningkat 32 persen pada 2023

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024