Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan sering menjadi bahan tertawaan anak-anaknya, saat awal menggunakan kanal "live" atau siaran langsung TikTok karena dinilai tidak paham dengan istilah etalase atau fitur belanja yang terintegrasi dalam aplikasi media sosial tersebut.
 
Pernyataan itu diungkapkan Mutiara Baswedan selaku putri sulung dari calon presiden nomor urut satu tersebut.
 
"Aku sama adik-adik ikut ketawa saja, terus tiba-tiba apa saja yang abah bahas, ya kami tanya-tanya, etalase berapa abah? Etalase berapa?, jadi kami ceng-cengin (ledek) saja," kata dia setelah mengikuti program siniar atau podcast dengan ANTARA TV di Jakarta, Selasa (9/1).
 
 
Perempuan yang kerap disapa Tia tersebut mengaku, ayahnya justru ikut tertawa jika sedang "diejek" oleh anak-anaknya terkait siaran langsung TikTok yang dilakukan pertama kali pada saat itu.
 
Menurut Tia, obrolan mengisi waktu luang untuk bercengkerama dengan masyarakat atau gen z melalui aplikasi TikTok itu dilakukan Anies secara alami, seperti sedang melakukan panggilan telepon video (video call) kepada anak-anaknya.
 
 
"Sebenarnya kalau live TikTok natural aja sih, abah itu kalau ngobrol di TikTok kayak lagi beneran ngobrol sama anak-anaknya juga begitu, jadi kayak berasa lagi video call saja," tutur perempuan yang merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) itu.
 
 
Ia meyakinkan bahwa obrolan yang terkesan lucu itu terjadi secara natural tanpa dibuat-buat oleh ayahnya.
 
 
"Jadi bagaimana abah itu ngobrol sama anaknya ya begitu, seperti kasih nasihat," tambah putri Fery Farhati tersebut.
 
Diketahui, Anies pertama kali melakukan live TikTok pada 28 Desember 2023. Kegiatan santai itu menjadi viral di media sosial karena berbagai tingkah lucu Anies, seperti tidak mengerti tentang kata etalase dan penggunaan beberapa fitur dalam aplikasi TikTok.
 
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024