UPTD RSBM merupakan salah satu titik fokus unit pembantu daerah milik Pemerintah Aceh dalam upaya memberikan layanan kesejahteraan sosial
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial setempat berkomitmen memberikan pendidikan yang komprehensif bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang tinggal di Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Rumah Sejahtera Beujroeh Merukarya (RSBM) di Ladong, Aceh Besar.

“UPTD RSBM merupakan salah satu titik fokus unit pembantu daerah milik Pemerintah Aceh dalam upaya memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dari kalangan disabilitas, tuna susila, gelandangan dan pengemis serta permasalahan sosial lainnya di Aceh,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh Muslem Ycaob di sela-sela meninjau berbagai fasilitas di RSBM Ladong, Rabu.

Ia menyebutkan jumlah anak-anak Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Rumah Sejahtera Beujroeh Merukarya (RSBM) di Ladong sebanyak 37 orang terdiri dari 27 laki-laki dan sepuluh perempuan.

Baca juga: Wali Kota Lhokseumawe beri motivasi anak difabel agar terus berkreasi
Baca juga: Mensos beri motivasi penyandang penyakit berat dan disabilitas di Aceh


Menurut dia, pembinaan yang diberikan oleh UPTD dan para pengasuh berjalan dengan baik dan dirinya dalam kesempatan tersebut juga meminta salah satu anak untuk membaca Al Quran Braille.

Ia mengatakan selain mendapat pendidikan formal, para anak-anak di RSBM mendapatkan pelatihan keterampilan seperti pelatihan memijat, menyulam, dan pengembangan bakat dalam bidang musik.

"Mereka juga mahir memainkan alat musik drum dan keyboard serta ikut menyanyi meski dengan keterbatasan nya. Suasana ini luar biasa dan saya yakin akan menginspirasi banyak orang jika ditampilkan di publik," katanya.

Ia menambahkan kunjungan dirinya tersebut juga bagian untuk memastikan bahwa setiap fasilitas dan pelayanan yang disediakan sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan serta dapat memenuhi kebutuhan para pemerlu layanan dengan baik.

Baca juga: Anggota DPR minta semua pihak beri perhatian lebih untuk disabilitas
Baca juga: Kadisdik: Semua sekolah umum di Banda Aceh layak untuk difabel
Baca juga: Difabel Banda Aceh terima bantuan peralatan coffee shop dari Kemensos


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024