Tokyo (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggolongkan Korea Selatan sebagai "musuh utama" negaranya dan negara "paling bermusuhan" dengan Pyongyang, menurut media resmi negara itu pada Rabu.

Kim menyampaikan hal itu saat melakukan peninjauan pabrik senjata utama pada Senin dan Selasa, menurut Kantor Berita Sentral Korea (KCNA).

Kemudian Kim menegaskan bahwa mengingat Korsel adalah musuh utama Korut, negaranya akan memprioritaskan penguatan kemampuan militer untuk pertahanan diri dan pencegah perang nuklir" sebagai tanggapan terhadap sikap Seoul.

Berita itu juga mengutip ucapan Kim yang mengatakan “waktu bersejarah akhirnya tiba ketika kita harus mendefinisikan sebuah negara yang paling bermusuhan” terhadap Korea Utara “entitas yang disebut Republik Korea,” mengacu pada nama resmi Korea Selatan.

Kim menunjukkan "kepuasan yang luar biasa atas fakta bahwa pabrik senjatanya telah sukses melaksanakan rencana untuk mengerahkan senjata dan peralatan jenis baru ke unit gabungan besar dan unit rudal utama lini pertama.

Sumber: Kyodo-OANA
Baca juga: Korsel dan AS kecam Korut kirim rudal ke Rusia untuk lawan Ukraina
Baca juga: Korut katakan 'tidak berniat menghindari perang' dengan Korsel
Baca juga: Korsel ingin perkuat kerja sama dengan AS-Jepang hadapi ancaman Korut

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024