agar memudahkan pemantauan kondisi di tempat-tempat umum
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan upaya mencegah potensi kejahatan dengan melakukan pemasangan kamera pantau di sejumlah wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Pemerintah kabupaten melakukan pemasangan kamera pantau, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara Khairuddin di Penajam, Rabu, tujuan utama mencegah apabila ada potensi kejahatan di fasilitas umum.
 
"Pemasangan kamera pantau itu, agar memudahkan pemantauan kondisi di tempat-tempat umum," tambahnya.
 
Pemasangan kamera pantau dilakukan pada tahun ini (2024), lanjut dia, di sejumlah lokasi yang memungkinkan dipasang kamera pantau tersebut.
 
Kamera pantau dipasang terutama di fasilitas umum antara lain di pelabuhan klotok (kapal kayu), pelabuhan kapal cepat (speedboat), fasilitas pendidikan, serta ruas jalan dan tempat umum lainnya.

Baca juga: Kamera pemantau turunkan angka pelanggaran lalu-lintas di Jakarta
Baca juga: Dishub Surabaya pasang kamera pemantau di sepanjang Jalan MERR
 
Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pemasangan kamera pantau sebanyak 43 titik di wilayah daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
"Pemasangan kamera pantau itu di tempat rawan kejahatan, kawasan pendidikan, lampu merah dan beberapa tempat yang dinilai butuh dipasangi kamera pantau," katanya.
 
Pemasangan kamera pantau itu, bisa saja berubah melihat perkembangan sesuai hasil pendataan fasilitas umum atau lokasi yang dinilai potensi rawan kejahatan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga memasang jaringan internet tanpa kabel (wifi) di taman depan kantor pemerintahan kabupaten setempat sebanyak dua titik.
 
Pada tahun ini, dipastikan pemasangan jaringan internet tanpa kabel itu bakal ditambah di sejumlah fasilitas umum lainnya yang dapat digunakan masyarakat secara cuma-cuma atau gratis.
 
"Wifi yang dipasang di fasilitas umum bisa diakses masyarakat tanpa kata sandi (password)," jelas Khairuddin.

Baca juga: Pemkot Pariaman pasang CCTV awasi arus mudik
Baca juga: Cara polisi atasi gangguan keamanan di Pekanbaru
Baca juga: Jembatan Ampera dipasang kamera pemantau dan dicat

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024