program ini meningkatkan taraf hidup masyarakat
Makassar (ANTARA) - Penjabat Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra optimistis target penambahan Lorong Wisata (Longwis) sesuai yang ditargetkan yakni 5.000 akan tercapai.

"Ini komitmen kita bersama dengan semua. Target 5.000 lorong wisata akan kita capai hingga akhir tahun ini," ujarnya di Makassar, Rabu.

Firman menyebutkan jumlah lorong wisata yang telah terbentuk di gang-gang warga hingga akhir 2023 sebanyak 2.077 dan sisanya akan dilanjutkan di 2024 ini.

Dia menjelaskan target penambahan jumlah lorong wisata akan dilakukan hingga masa jabatan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berakhir.

Ia pun mengaku punya banyak alternatif untuk menjadikan gang atau lorong warga menjadi Longwis karena jumlah lorong secara keseluruhan melebihi 7.000.

"Jadi lorong wisata ini akan terus digenjot hingga akhir jabatan wali kota dengan jumlah ribuan lorong. Apalagi program ini meningkatkan taraf hidup masyarakat," katanya.

Baca juga: Dubes Singapura kunjungi Lorong Wisata Zurich Makassar
Baca juga: Pemkot Makassar perkenalkan Lorong Wisata di Konferensi IGA 2023


Firman Pagarra yang juga Kepala Bapenda Makassar itu menilai jika peningkatan jumlah Longwis perlu dikawal dengan baik dan untuk penguatan SKPD lagi ke depannya agar apa yang menjadi tugas dan kewajiban SKPD terselenggara dengan baik.

Dia mencontohkan, penguatan itu semisal, SKPD Pariwisata dalam hal kulinernya, perikanan dan pertanian dalam hal pemberian bibit ikan dan lainnya.

Selain itu, Firman yang baru saja dilantik sebagai PJ Sekda Makassar itu menegaskan siap menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagaimana pesan dari wali kota.

Di antaranya, menjaga amanah dengan sebaik-baiknya, memberikan kontribusi besar Pemkot Makassar, dan membantu Wali Kota Makassar dalam tugas administrasi.

Ditambah lagi, tantangan di depan mata, jelas dia, ada beberapa hal misalnya Pilpres, penanganan stunting, pengendalian inflasi dan sebagainya.

Dalam hal penguatan birokrasi, ia optimis, kehadiran sebagai Pj Sekda memberikan kontribusi dalam menguatkan peran kepala SKPD sehingga tidak terjadi lagi egosentris antar SKPD.

"Kita ini super tim bukan superman. Jadi semoga pesan-pesan itu dapat kami jaga dan amanah selama tiga bulan ke depan," harapnya.

Baca juga: Mendagri sebut Lorong Wisata Makassar percontohan inovasi daerah
Baca juga: Wali Kota Makassar klaim Lorong Wisata dongkrak pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Pemkot Makassar targetkan hadirkan 5.000 lorong wisata

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024