Saya titip kepada semua warga untuk ikut menjaga, merawat dan memelihara taman ini."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Taman Waduk Pluit yang berlokasi di Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 12.15 WIB. Sementara itu, di Taman Waduk Pluit telah dipersiapkan beragam jenis hiburan oleh warga sekitar.

Beberapa hiburan tersebut, diantaranya panggung musik, perpustakaan keliling untuk anak-anak, aneka jajanan pasar dan lomba-lomba yang berhubungan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, seperti lomba bakiak, tarik tambang dan panjat pinang.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung disambut kerumunan warga yang ingin menyapa, bersalaman, dan berfoto bersama. Sambil melayani permintaan warga tersebut, Jokowi berjalan menuju panggung untuk menyampaikan sambutan.

"Taman Waduk Pluit ini bisa dipakai untuk rekreasi warga, taman bermain anak-anak dan pertunjukan seni budaya atau culture center. Ini untuk masyarakat dan ini milik masyarakat," kata Jokowi di Taman Waduk Pluit, Pluit, Jakarta Utara, Sabtu.

Kepada masyarakat, Jokowi berpesan agar selalu menjaga dan merawat kebersihan, kerapihan serta keindahan taman tersebut. Dia meminta agar warga tidak membuang sampah sembarangan di taman itu.

"Saya titip kepada semua warga untuk ikut menjaga, merawat dan memelihara taman ini. Kalau ada tanaman yang kering, tolong disiram. Kalau ada sampah berserakan, tolong dimasukkan ke tempat sampah yang sudah disediakan," ujar Jokowi.

Jika pengerukan Waduk Pluit sudah selesai, Jokowi berharap taman tersebut dalam keadaan bersih dan terawat.

"Kalau nanti pengerukan Waduk Pluit sudah diselesaikan semua, saya harap tempat ini juga dalam keadaan bersih, sehingga bisa dipakai untuk wisata, memancing, bahkan berenang," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyaksikan perlombaan panjat pinang dan melihat-lihat hiburan lainnya yang sudah dipersiapkan oleh warga sekitar.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013