Jakarta (ANTARA) - Arsjad Rasjid selaku Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyebut, debat ketiga calon presiden (capres) yang diselenggarakan Minggu (7/1) telah membawa tren positif bagi tingkat kepercayaan rakyat pada pasangan capres-cawapres nomor urut tiga.

“Kami merasa dari sisi elektoral, kami merasa tren kami naik ya. Itu yang kami lihat bukan dari sisi analisa yang ada, tapi lebih juga ke akar rumput,” kata Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid saat ditemui ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ketika ditanya awak media apakah debat mempengaruhi elektoral paslon, Arsjad menuturkan meningkatnya tren positif terhadap Ganjar dan Mahfud juga ditopang oleh kegiatan-kegiatan keduanya yang selalu terjun langsung ke akar rumput.

Kegiatan yang dilakukan di akar rumput, katanya, juga menjadi bagian dari proses analisis yang dilakukan TPN untuk melihat naik turunnya tren kepercayaan rakyat.

“Itu kami lihat tren-trennya, kami juga melihat analisa yang namanya share of voice. Kami melihat analisa dari sisi suka dan tidak suka. Jadi ini semua adalah bagian dari semua data yang harus disatukan. Ini semua adalah bagian dari semua yang harus disatukan karena tidak bisa hanya dengan satu data, jadi hasil data ini secara konsolidasi data, kami melihat tren kami alhamdulillah naik,” ujar Arsjad.

Namun, ketika menanggapi pertanyaan soal daerah mana yang menunjukkan tren positif, Arsjad memilih enggan menjawab dengan mengatakan tidak ingin strategi tim suksesnya diketahui oleh lawan.

“Kalau ini nanti ketahuan, tapi kelihatan sekali. Jadi kami melihat trennya itu, kembali lagi, mohon doa restu dari semuanya, kami kerja keras terus, Mas Ganjar juga selalu mengatakan bolak-balik kami ini harus menyentuh hati rakyat,” ucapnya.

Lebih lanjut Arsjad menjelaskan pihaknya akan terus fokus untuk melakukan interaksi kepada akar rumput, guna memperkenalkan sosok Ganjar dan Mahfud lebih dekat kepada masyarakat sekaligus program-program unggulan lainnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran dapat dukungan dari Seribu Kiai Kampung di Banyuwangi

Baca juga: Gibran: Sektor pariwisata jadi potensi unggulan di Banyuwangi

Baca juga: TKN sebut Gibran akan kembali gunakan singkat saat debat keempat


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024