Kesuksesan proses transisi energi tidak dapat dicapai apabila tidak didukung pemanfaatan energi terbarukan.
Surabaya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (DPP MKI) melantik jajaran Pengurus MKI Wilayah Jawa Timur (Jatim) yang diketuai Ir Dwi Kusnanto MM, di Aula PT PLN Nusantara Power (PT PLN NP), di Surabaya, Rabu.

Ketua DPP MKI Evy Haryadi berpesan kepada Pengurus MKI Jatim agar turut berkontribusi dalam tiga hal, di antaranya memberikan masukan kepada pemerintah dalam penyusunan kerangka pembangunan ketenagalistrikan nasional.

"Ada tiga kontribusi utama MKI yang saya harapkan dapat diupayakan MKI wilayah Jawa Timur, yakni memberi masukan pada pemerintah tentang pembangunan ketenagalistrikan, membina pendayagunaan dan sinergi pemangku kebijakan ketenagalistrikan, serta membangun jaringan internasional untuk mengembangkan potensi dalam negeri," ujarnya pula.

Ketiga kontribusi tersebut menjadi penting untuk membantu pemerintah mempercepat proses transisi energi di tanah air.

Lebih lanjut Haryadi menambahkan bahwa kesuksesan proses transisi energi tidak dapat dicapai apabila tidak didukung pemanfaatan energi terbarukan.

"Guna mendukung suksesnya proses transisi energi di Indonesia, diperlukan tiga hal, yaitu sukses pemanfaatan energi terbarukan setempat, sukses pemanfaatan teknologi nirkarbon, dan sukses partisipasi seluruh pelaku industri ketenagalistrikan mulai dari PLN, pemerintah, hingga swasta dan kampus," ujar Haryadi.

Oleh karenanya, Haryadi berharap agar MKI Wilayah Jatim sebagai wadah seluruh pemangku kebijakan dapat mendukung percepatan transisi energi khususnya pemanfaatan energi terbarukan dan memperkuat pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Jatim.

Menjawab tantangan yang disampaikan oleh Ketum DPP MKI, Dwi Kusnanto sebagai Ketua MKI Wilayah Jatim akan segera merapatkan jajaran pengurusnya agar keberadaan MKI Jatim memberi dampak positif di industri ketenagalistrikan.

"Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Ketum DPP MKI dalam sambutannya tadi, kami jajaran Pengurus DPW MKI Jatim siap melaksanakan arahan tersebut, dan akan segera berkoordinasi untuk menyusun langkah lanjutan guna menyusun program kerja bersama," kata Dwi Kusnanto.

Dwi juga menambahkan postur kepengurusan MKI Jatim yang lengkap diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri ketenagalistrikan di Jatim.

"Kami di DPW Jatim kepengurusannya lengkap, karena di jajaran Dewan Pembina ada Gubernur Jatim serta para GM PT PLN di wilayah Jatim, sementara di jajaran Dewan Pakar ada Rektor ITS Surabaya, sehingga kami sangat optimis keberadaan DPW MKI Jatim dapat berkontribusi dalam percepatan transisi energi terbarukan, mendorong pertumbuhan industri ketenagalistrikan, dan memperkuat pertumbuhan ekonomi Jatim," ujar Dwi pula.
Baca juga: MKI gelar pameran-konferensi hari listrik di Tangerang November
Baca juga: MKI mendorong pemerintah maksimalkan pemanfaatan energi surya

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024