Tangerang (ANTARA) - Masyarakat Ketenagalistrikan Nasional (MKI) bekerja sama dengan Enlit Asie menggelar pameran dan konferensi Hari Listrik Nasional ke-78 pada 14 - 16 November 2023 di ICE Serpong Tangerang, Banten.

Ketua Umum MKI, Evy Haryadi di Tangerang, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut akan dihadiri pemimpin industri energi di Asia, seperti PT PLN, TNB Power Generation Sdn. Bhd, dan Singapore Power.

Acara ini akan menghadirkan lebih dari 350 peserta pameran dari seluruh dunia untuk memamerkan teknologi dan inovasi terbaru yang mendukung transisi energi di Kawasan ASEAN.

Baca juga: MKI dukung komitmen dunia menuju transisi energi lebih bersih

Tidak hanya itu, kegiatan internasional ini juga menghadirkan para ahli dan pemimpin industri yang akan membagikan solusi terkini dan studi kasus tentang pemanfaatan teknologi terkini di lapangan.

"Ditargetkan ada lebih dari 150 pembicara dari dalam dan luar negeri dalam forum ini," kata Evy.

Ia menambahkan perlunya kesiapan dalam menghadapi transisi energi melalui kolaborasi dan dukungan dari banyak pihak. Saling bertukar ide, pengalaman dan solusi yang implementatif menjadi sangat penting. Hal itu dapat dilakukan dengan melibatkan para tokoh yang memiliki keahlian dan kapabilitas yang mumpuni.

Hari Listrik Nasional ke-78 mengangkat tema strengthening Asean Readiness in energy transition dan menyajikan empat forum diskusi, simposium, seminar dan jejaring dalam rangka memperkuat kemampuan menghadapi tantangan energi masa depan, termasuk mencapai target net zero emission 2060 atau lebih cepat lagi.

"Harapannya, semakin banyak pihak yang dapat berperan serta dan menghadiri forum yang berlangsung 3 hari ini," kata dia

Portofolio Director Energy Clarion Asia Events, Simon Hoare menambahkan Enlit Asia berkomitmen kuat untuk mendukung transisi energi di kawasan ASEAN.

Sepanjang tahun ini, pihaknya telah menyediakan berbagai platform bagi para pemangku kepentingan dari seluruh kawasan ASEAN untuk berbagi wawasan, update, mengatasi tantangan, dan mencari solusi.

Baca juga: MKI tekankan urgensi ubah dan diversifikasi sistem energi secara cepat

Baca juga: MKI: Upaya "go green" mulai dapat momentum untuk diimplementasikan


Kegiatan ini akan mencapai puncaknya di Jakarta tahun ini dan menghadirkan pertemuan terbesar yang melibatkan para pakar ketenagalistrikan ASEAN dan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan kesempatan terbaik untuk melakukan networking mempertunjukkan perkembangan terbaru di bidang energi, dan solusi inovatif lainnya yang difokuskan pada upaya ASEAN untuk menciptakan energi yang lebih bersih di masa depan.

"Kami terus mengembangkan kegiatan ini dan tahun ini kami sangat antusias, karena banyak CEO dari berbagai perusahaan utilitas dan Independent Power Producer (IPP) yang akan berpartisipasi dan menjadi narasumber," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023