Kami siapkan lahan sekitar 400 hektare untuk relokasi warga yang terkena proyek pembangunan prasarana pendukung Kota Nusantara itu
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Bank Tanah menyiapkan lahan relokasi bagi warga Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, yang terkena proyek pembangunan Bandara Naratetama (very very important person/VVIP) yang menjadi prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara.
 
 
Sejumlah kelurahan di Kecamatan Penajam, kata Pimpinan Proyek Badan Bank Tanah Kabupaten Penajam Paser Utara Syafran Zamzami di Penajam, Kamis, masuk dalam area pengembangan prasarana penunjang Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia.
 
 
Pemerintah pusat saat ini tengah melakukan pembangunan Bandara Naratetama dan jalan tol yang menjadi prasarana transportasi ibu kota negara baru Indonesia di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
 
Wilayah terkena proyek pembangunan prasarana ibu kota negara itu antara lain, Kelurahan Maridan, Gersik, dan Pantai Lango di Kecamatan Penajam.
 
 
"Kami siapkan lahan sekitar 400 hektare untuk relokasi warga yang terkena proyek pembangunan prasarana pendukung Kota Nusantara itu" ujarnya.
 
 
Bank Tanah hanya menyiapkan lahan dan yang memiliki kewenangan menentukan warga yang berhak serta membagikan lahan tersebut, lanjut dia, adalah Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di bawah kendali kepala daerah setempat.
 
 
Warga penerima lahan pengganti yang sudah terdata dan diverifikasi sesuai dokumen kepemilikan tanah yang dilakukan kelurahan dan kecamatan setempat, kemudian kembali dilakukan verifikasi ulang oleh GTRA.
 
 
Bank Tanah bukan hanya menyiapkan lahan relokasi saja, menurut dia, tetapi juga mempersiapkan akses jalan di area itu untuk memudahkan masyarakat.
 
 
Masyarakat juga mendapat keuntungan setelah menempati lahan relokasi, yakni nilai tanah tersebut lebih tinggi karena berada di pinggir jalan yang memadai, kata Syafran Zamzami.
 
 
Bank Tanah melakukan pengelolaan bekas lahan hak guna usaha (HGU) PT Triteknik Kalimantan Abadi (TKA), yang diambilalih negara setelah izin penggunaan berakhir pada 2019, dijadikan area pengembangan prasarana penunjang Kota Nusantara
 
 
Badan Bank Tanah menyiapkan lokasi reforma agraria, serta untuk kepentingan pemerintah, pemerataan ekonomi dan pembangunan nasional, termasuk lokasi pembangun Bandara Naratetama, kawasan lindung, dan jalan tol dari 4.162 hektare lahan yang dikelola itu.

Baca juga: Bank Tanah: Reforma agraria membantu pembangunan Bandara VVIP IKN

Baca juga: Bandara IKN dibangun di atas HPL Badan Bank Tanah

Baca juga: Bank Tanah sediakan lahan 290 hektare untuk proyek Bandara VVIP IKN

Baca juga: Bank Tanah dan BPN Kaltim perbarui data lahan pengembangan IKN

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024