Kami harap masing-masing pemerintah desa di Kalimantan Tengah dapat memanfaatkan Dana Desa yang dimiliki untuk membantu pengendalian inflasi dengan berbagai program dan kegiatan
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengharapkan agar pemanfaatan Dana Desa (DD) pada tahun ini antara lain dioptimalkan untuk membantu pengendalian inflasi.

"Kami harap masing-masing pemerintah desa di Kalimantan Tengah dapat memanfaatkan Dana Desa yang dimiliki untuk membantu pengendalian inflasi dengan berbagai program dan kegiatan," kata Kepala Dishanpang Kalimantan Tengah Riza Rahmadi di Palangka Raya, Kamis.

Riza mengatakan, hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 146 Tahun 2023 tentang pengalokasian Dana Desa setiap desa, di antaranya dapat dimanfaatkan untuk Program Ketahanan Pangan dan Hewani.

"Mengacu dari peraturan ini, kita kaitkan dengan pengendalian inflasi. Jadi Dana Desa bisa digunakan misalnya untuk mendukung program gerakan menanam cabai, maupun meningkatkan produksi telur dan ayam potong yang diperuntukkan bagi warga desa," katanya.

Menurut dia, apabila Dana Desa dapat turut dimanfaatkan untuk pengendalian inflasi mulai dari tingkatan desa, maka pengendalian inflasi daerah atau Kalimantan Tengah secara umum akan semakin baik lagi.

"Pengendalian inflasi Kalimantan Tengah sepanjang 2023 sudah sangat baik, namun bukan berarti pada 2024 ini kita menjadi longgar. Justru kami berupaya mempertahankan kondisi yang sudah baik dan dapat lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Dia menyampaikan untuk itu pihaknya akan memperkuat sinergi lintas sektor utamanya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), sehingga optimalisasi Dana Desa yang diharapkan benar-benar dapat direalisasikan.

"Selama ini sebenarnya sebagian pemerintah desa sudah memanfaatkan Dana Desa untuk program ketahanan pangan, namun tujuan utama lebih kepada pengentasan stunting. Nah ke depan kita juga ingin agar dapat difokuskan untuk membantu pengendalian inflasi," tutupnya.

Berdasarkan data dari Ditjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Tengah, pagu total Dana Desa untuk 1.432 desa di provinsi setempat adalah mencapai Rp1.257,3 miliar.

Baca juga: KPK prihatin korupsi anggaran desa di Kalteng tinggi

Baca juga: Pemprov Kalteng soroti penggunaan dana desa

Baca juga: Setiap desa wajib miliki BUMDes

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024