Jayapura (ANTARA) - Kaops Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani menyatakan harapannya agar sandera Philip Mark Mehrtens yang berprofesi sebagai pilot Susi Air dapat segera dibebaskan dari tawanan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Memang benar kami berharap sandera yang saat ini masih ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya dapat segera dibebaskan mengingat berbagai upaya sedang dilakukan terutama negosiasi yang dilakukan Pemda Nduga," kata Kaops Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani, Kamis.

Baca juga: Kapolda Papua: Kondisi pilot disandera KKB baik
Baca juga: KSP: Pemda ujung tombak pembebasan pilot Susi Air Philips Marthen


Dia mengakui upaya pembebasan sandera yang sudah ditawan sejak 7 Februari 2023 itu menjadi tantangan tersendiri, namun dengan dukungan semua pihak diharapkan Philip yang merupakan pilot Susi Air itu segera dibebaskan.

"Mudah-mudahan kasus penyanderaan ini dapat diselesaikan dengan baik pada tahun 2024," ujar Kombes Faizal.

Dia menjelaskan saat ini Satgas Damai Cartenz lebih mengutamakan upaya penegakan hukum terhadap KKB dan kelompok kriminal politik (KKP) di Tanah Papua guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di empat provinsi di Papua.

Apalagi, kata dia, operasi Satgas Damai Cartenz diperpanjang hingga bulan Desember 2024, sehingga selain melakukan penegakan hukum, pihaknya juga melakukan pendekatan dan pembinaan kepada masyarakat, sekaligus melakukan deteksi guna mendukung upaya penegakan hukum.

Faizal mengatakan sasaran operasi mencakup wilayah Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan, dengan fokus di sembilan kabupaten, yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jaya Wijaya, dan Jayapura.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz perkuat pengamanan di sembilan daerah operasi

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024