Cincinnati (ANTARA News) - Rafael Nadal meneruskan langkah sempurnanya di turnamen lapangan keras Amerika Utara dengan mengalahkan petenis Ceko, Tomas Berdych, 7-5, 7-6 (4) dalam turnamen Cincinnati, Sabtu (Minggu WIB) dan bersiap melawan petenis Amerika Serikat, John Isner, di final.

Sebelumnya, petenis bukan unggulan Isner membuka jalan ke final dengan menang 6-7 (5), 7-6 (9). 6-3 atas petenis Argentina Juan Martin Del Potro.

Bangkit setelah tersingkir di putaran pertama Wimbledon, Nadal tampil memukau untuk meraih gelar ke-58 di Montreal pekan lalu dan memperpanjang laju kemenangannya di lapangan keras menjadi 14-0 dengan melaju ke final turnamen Cincinnati.

Kemenangan di final Cincinnati pertamanya pada Minggu akan membuat petenis peringkat ketiga dunia asal Spanyol itu meraih gelar kesembilannya tahun ini, dan menjadi favorit menjelang AS Terbuka yang bermula pada 26 Agustus di Flushing Meadows.

"Ini sangat menyenangkan," kata Nadal.

"Pekan lalu saya mengatakan, di Cincinnati saya tidak pernah merasa bahwa saya bermain baik dan tahun ini situasinya berbeda," katanya seperti dilansir Reuters.

Pertandingan semifinal kali ini sangat berbeda dari apa yang mungkin diharapkan para penggemar tenis, bahwa "Empat Besar" Tur ATP terdiri atas petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic, petenis peringkat kedua dunia Andy Murray, petenis peringkat ketiga dunia Nadal, dan lima kali juara Cincinnati, Roger Federer

Namun setelah sehari kecewa melihat Nadal menjadi satu-satunya yang masih bertahan di turnamen ini, para penonton punya banyak alasan untuk bergembira ketika Isner membawa bendera Amerika Serikat menuju semifinal.

Isner, yang memberikan kejutan terbesar di semifinal dengan menyingkirkan Djokovic, kembali membuktikan bahwa ia dapat menyenangkan para penonton dengan melepaskan 12 ace terhadap lawannya.

Sejak mengundurkan diri dari putaran kedua Wimbledon karena cedera, Isner tampil cukup baik di lapangan keras dengan rekor 15-3 sejak meraih gelar ketujuh sepanjang karirnya di Atlanta dan runner up di Washington.

"Saya telah memenangi banyak pertandingan pada musim panas ini namun saya merasa turnamen ini adalah tempat di mana saya benar-benar menyatukan semuanya," kata Isner kepada para pewarta.

"Saya telah mengalahkan (petenis lain) sebelumnya namun ini, seperti yang Anda katakan, saya telah mengalahkan tiga petenis peringkat sepuluh besar secara berturut-turut," tambah dia.

(H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013