Pertamina Regional Sulawesi dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dalam masa natal-tahun baru.
Manado (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi sukses mengawal pasokan energi, utamanya produk bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan avtur bagi masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut) pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Keberhasilan Pertamina menjalankan Satgas Natal dan Tahun Baru berkat koordinasi dan kerja sama yang baik lintas stakeholders serta dedikasi seluruh tim Pertamina yang bertugas sesuai fungsinya masing-masing," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Erwin Dwiyanto melalui rilis, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan selama natal dan tahun baru peningkatan konsumsi bahan bakar jenis gasoline yang mengalami peningkatan sebesar lima persen dari masa satgas tahun lalu. Sedangkan konsumsi gasoil pada masa satgas tahun ini mengalami peningkatan sebesar 2,9 persen dari satgas tahun sebelumnya.

Pertamina Regional Sulawesi dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dalam masa natal-tahun baru, sehingga kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi. Keberhasilan ini tercermin pada angka-angka realisasi konsumsi BBM, LPG, dan avtur.

Peningkatan konsumsi ini terjadi di wilayah tujuan wisata, rawan bencana, dan tujuan mudik, yaitu di wilayah Toraja, Mamasa, Poso, Manado, Luwuk, Mamuju, Kotamobagu, dan Parepare.

Adapun untuk realisasi avtur mengalami peningkatan sebelum natal pada tanggal 21 Desember 2023, yaitu sebesar 1.127 kiloliter (kl) atau 30 persen. Kemudian realisasi tertinggi juga terjadi setelah tahun baru pada puncak arus balik di tanggal 4 Januari 2024 sebesar 1.003 kl.

Kenaikan tersebut terjadi di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Samratulangi di Manado, DPPU Mutiara di Palu, dan DPPU Haluoleo di Kendari.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan sementara untuk konsumsi LPG pada momen natal dan tahun baru kali ini masih rata-rata penggunaan normal.

Sebelumnya diketahui bahwa Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dalam mendukung kelancaran natal dan tahun baru menambah layanan berupa Pertamina Delivery Service (PDS), 186 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Siaga selama 24 jam serta 352 Agen & Outlet LPG Siaga untuk mengcover wilayah demand yang tinggi, dan juga menyediakan 7 SPBU Kantong (Mobile Storage) se-Sulawesi yang siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan jalur wisata.
Baca juga: Pertamina jaga keandalan stok BBM-LPG libur Lebaran di Sulut
Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM dan LPG aman jelang Natal di Sulut

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024