.....Mendag Zulkifli Hasan menyatakan perlu ada tambahan satu pasar representatif yang baru tetapi itu harus diusulkan dari daerah,
Ambon (ANTARA) -
Ketua Komisi III DPRD Maluku meminta pemerintah provinsi secepatnya mengusulkan tambahan satu pasar baru yang representatif untuk dibangun di Kota Ambon sesuai harapan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Saat melakukan kunjungan kerja dan meninjau gedung Pasar Mardika yang baru pada akhir Desember 2023, Mendag Zulkifli Hasan menyatakan perlu ada tambahan satu pasar representatif yang baru tetapi itu harus diusulkan dari daerah," kata Richard di Ambon, Kamis.

Pemerintah pusat mendorong upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan para pedagang yang perlu ditampung dalam sebuah bangunan pasar yang lebih baik.

Baca juga: Perumda Pasar menargetkan selesaikan revitalisasi 11 pasar Kota Bogor

Langkah ini perlu diambil mengingat jumlah pedagang yang beraktivitas di sekitar lokasi Pasar Mardika Ambon sekitar 4.000, sementara yang bisa ditampung pada gedung Pasar Mardika yang baru antara 1.220 hingga 1.300 pedagang.

Menurut dia, Komisi III sudah melakukan rapat koordinasi dengan mitra terkait dan terutama untuk Dinas PUPR Maluku didorong segera mengajukan usulan tambahan pembangunan satu pasar baru yang representatif.

Bila usulan penambahan satu pasar yang sama dengan gedung Pasar Mardika baru diajukan secepatnya maka diharapkan dalam tahun ini sudah bisa terealisasi proses pembangunannya.

"Tambahan satu gedung pasar yang baru secara permanen ini untuk kepentingan pedagang di Kota Ambon yang belum terakomodir berjualan di gedung Pasar Mardika yang baru," ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi bantu relokasi Pasar Rakyat Waru Kabupaten Penajam

Untuk itu pemerintah provinsi didorong  secepatnya mengusulkan penambahan satu pasar yang representatif untuk menampung para pedagang di Kota Ambon.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024