Berlin (ANTARA News) - Gol-gol dari dua gelandang Marco Reus dan Jonas Hofmann mengamankan kemenangan kandang 2-1 bagi Borussia Dortmund atas Eintracht Braunschweig, dan membuat runner up Liga Champions ini memuncaki klasemen Liga Jerman pada Minggu.

Hoffman mencuri fokus perhatian dari pemain yang memecahkan rekor transfer Dortmund Henrikh Mkhitaryan, yang melakukan debutnya setelah didatangkan dengan transfer senilai 27,5 euro dari Shakhtar Donetsk, ketika ia memecah kebuntuan tujuh menit setelah masuk lapangan.

Ia menggantikan rekrutan penting Dortmund lainnya Pierre-Emerick Aubameyang, kemudian mendapatkan umpan dari bek Mats Hummels dan melepaskan tembakan ke tiang jauh pada menit ke-75.

Hofmann kemudian dilanggar di kotak terlarang lima menit sebelum pertandingan usai, Reus kemudian mengeksekusi penalti untuk menjadi gol kedua Dortmund, sebelum Braunschweig mencetak satu gol ketika tendangan penjuru Kevin Kratz berubah arah karena mengenai penyerang Dortmund asal Polandia Robert Lewandowski.

Itu bukan cara yang tepat bagi Lewandowski, pencetak gol terbanyak Dortmund musim lalu dengan 24 gol dari 31 pertandingan liga, yang ingin merayakan penampilan ke-100nya di pertandingan strata tertinggi, sedangkan pelatih Dortmund menikmati kemenangan ke-100nya di Liga Jerman bersama Borussia.

"Braunschweig terpaku pada rencana pertahanan mereka, namun pada babak kedua kami memiliki banyak peluang," kata Klopp, ketika Dortmund menikmati 66 persen penguasaan bola dan 17 tembakan akurat ke gawang berbanding empat tembakan Eintracht.

"Jonas Hoffman mengubah pertandingan untuk kami pada arah yang tepat, maka secara keseluruhan, saya senang."

Setelah Aubameyang menorehkan hatrik pada debut Liga Jermannya akhir pekan lalu saat timnya menang 4-0 atas Augsburg, tambahan tiga angka membuat Dortmund memuncaki liga dengan keunggulan selisih gol atas juara Eropa Bayern Munich dan Bayer Leverkusen yang berbagi peringkat kedua.

Gelandang Jepang Hiroshi Kiyotake mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-89 untuk mengamankan satu angka saat Nuremberg bermain imbang 2-2 dengan Hertha Berlin.

Nuremberg unggul pada menit ke-40 ketika penyerang Daniel Ginczek menaklukkan dua bek untuk memberi umpan pada penyerang Swiss Josip Drmic untuk melepaskan tembakannya.

Berlin menyamakan kedudukan ketika tembakan penyerang Tunisia Sami Allagui membentur dada bek tengah Nuremberg Berkay Dabanli dan masuk gawang pada menit ke-61.

Gelandang Brazil Ronny kemudian menyarangkan penalti pada menit ke-79 untuk Hertha sebelum Kiyotake menyamakan kedudukan yang membuat kedua tim berbagi satu angka.

Pada Sabtu, juara bertahan Bayern menang 1-0 atsa Eintracht Frankfurt sedangkan baik Hamburg dan Schalke 04 menelan kekalahan yang membuat Leverkusen dapat menghuni peringkat kedua berkat kemenangan 1-0 mereka di markas VfB Stuttgart.

Penyerang Kroasia Mario Mandzukic memberi tiga angka bagi Bayern di Frankfurt ketika ia melepaskan sepakan voli menyambut umpan silang pemain Jerman Thomas Mueller pada menit ke-13.

Hanya ada sedikit kejadian menarik saat Bayern yang tampil dibawah standar ketika mereka gagal mendominasi, meski menguasi 70 persen penguasaan bola, saat kapten Frankfurt Alex Meier mencetak gol yang harus dianulir dan permohonan penalti yang tidak dikabulkan wasit pada menit-menit terakhir pertandingan.

Pelatih Bayern Pep Guardiola, yang menangani tim untuk pertandingan Liga Jerman keduanya, memulai pertandingan dengan menempatkan pemain sayap Belanda Arjen Robben, bintang Jerman Mario Goetze, dan rekrutan baru Thiago Alcantara menghuni bangku pemain cadangan.

Gelandang Spanyol Javi Martinez tidak dibawa pada pertandingan ini setelah ia bermain selama 90 menit penuh ketika Spanyol menang 2-0 di Ekuador pada Rabu.

Gelandang Brazil Luiz Gustavo, yang direkrut Wolfsburg pada pekan lalu dari Bayern setelah menolak tawaran dari Arsenal dan Barcelona, melakukan debutnya ketika mereka menang 4-0 atas tamunya Schalke 04.

Masih ada berita buruk lain bagi Schalke pada Minggu, yakni penyerang Belanda Klaas-Jan Huntelaar dipastikan absen selama empat pekan ke depan, setelah mengalami sobek ligamen medial pada lutut kanannya.

Schalke tidak akan diperkuat Huntelaar untuk pertandingan playoff pertama Liga Champions mereka, saat menjamu tim Yunani PAOK pada Rabu.

Hamburg dipermalukan 1-5 di kandang sendiri oleh Hoffenheim ketika penyerang Brazil Roberto Firmino tampil memukau, mencetak dua gol dan memberi umpan untuk tiga gol lainnya.

Mainz menikmati kemenangan 2-1 di markas Freiburg, sedangkan Bremen mendapatkan kemenangan lainnya dengan kemenangan 1-0 atas tamunya Augsburg.

Borussia Moenchengladbach bangkit dari kekalahan di hari pembuka liga di markas Bayern, dengan kemenangan 3-0 atas tamunya Hanover 96.

(H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013