Alhamdulillah Bumdes Maju Jaya bisa membawa Desa Panjang masuk lima besar nasional lomba desa BRILiaN 2023.
Tabalong, Kalsel (ANTARA) - Desa Padang Panjang di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, melalui Bumdes Maju Jaya berhasil masuk lima besar nasional dalam lomba Desa BRILiaN yang diselenggarakan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Direktur Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang Sokhidin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada BRI atas pemberian Anugerah Karya Desa BRILiaN 2023 yang dilaksanakan pada 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta.

"Alhamdulillah Bumdes Maju Jaya bisa membawa Desa Panjang masuk lima besar nasional lomba desa BRILiaN 2023," jelas Sokhidin di Tabalong, Jumat.

Baca juga: "BSI Explore 2025" ciptakan dampak positif 37 desa Indonesia

Desa Padang Panjang meraih juara harapan kedua dengan hadiah berupa uang sebesar Rp500 juta yang rencananya digunakan untuk pengembangan Taman Wisata Laburan yang dikelola Bumdes Maju Jaya.

Sokhidin menuturkan pada awal 2023 BRI Cabang Tanjung mengusulkan Desa Padang Panjang untuk mengikuti penilaian lomba desa BRILiaN dan kemudian didaftarkan ke BRI wilayah Kalsel.

Setelah terdaftar di BRI pusat dilakukan penilaian bekerja sama dengan Universitas Padjajaran dan pengambilan data ke masyarakat oleh tenaga pendamping.

"Setelah survei lokasi oleh tim pusat Desa Padang Panjang bisa masuk 15 besar untuk mengikuti presentasi di Jakarta," tambahnya.

Selanjutnya Desa Padang Panjang pun ditetapkan masuk lima besar nasional atau juara harapan kedua dengan kriteria penilaian di antaranya memiliki Bumdes aktif dan memiliki produk unggulan kawasan pedesaan.

Keunggulan Desa Padang Panjang adalah hadirnya objek wisata Taman Menanti Laburan yang dikelola Bumdes Maju Jaya.

Baca juga: PT PLN UID Sumut melanjutkan program pemberdayaan di dua desa

Pengembangan obyek wisata ini juga mendapat dukungan program CSR PT Adaro Indonesia berupa sistem pengolahan air bersih atau mini Water Treatment Plant melalui Bumdes selaku pengelola Taman Wisata Menanti Laburan.

Selain itu ada bantuan bibit ikan nila dari Adaro guna meningkatkan perekonomian desa dan bantuan ini wujud program pengelolaan lahan basah di danau pascatambang.

Program Desa BRILiaN sendiri merupakan bentuk apresiasi BRI bagi desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan yang fokus pada pengembangan empat aspek, yaitu Bumdes sebagai motor ekonomi desa, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa, sustainability, dan inovasi untuk mendorong desa menjadi kreatif.

Pemberian Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan acara tahunan yang diselenggarakan BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang bertujuan meningkatkan kapabilitas pengelolaan desa untuk kemajuan desa dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, salah satunya pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024