Haiyang (ANTARA) - Roket pengangkut satelit milik China, Gravity-1, yang diluncurkan dari perairan lepas pantai Haiyang, Shandong, mengangkut tiga satelit dalam penerbangan perdananya.

Roket tersebut lepas landas pada Kamis (11/1) pukul 13.30 Waktu Beijing (12.30 WIB) untuk mengirim tiga satelit ke orbit yang telah direncanakan. Misi lepas pantai itu dilakukan Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan.

Dikembangkan oleh perusahaan kedirgantaraan komersial China, OrienSpace, roket ini merupakan wahana peluncuran berbahan bakar propelan padat terbesar di dunia sekaligus roket komersial pertama China yang dilengkapi dengan mesin pendorong (booster) penguat (strap-on).

Roket ini meningkatkan kemampuan China dalam peluncuran satelit orbit menengah dan rendah yang beragam dan berskala besar serta memperkaya jenis wahana peluncurannya.

Roket skala menengah ini memiliki tinggi 30 meter, dan tingkatan inti serta mesin pendorongnya berdiameter 2,65 meter, kata Bu Xiangwei, kepala perancang roket tersebut.

Dengan bobot lepas landas sekitar 400 ton dan daya dorong lepas landas 600 ton, roket ini dapat membawa muatan sekitar 6,5 ton ke orbit rendah bumi dan 4,2 ton ke orbit sinkron matahari pada ketinggian 500 kilometer.

Memiliki kapasitas angkut paling besar di antara roket-roket komersial China, Gravity-1 dapat mengirim 30 satelit kecil berbobot 100 kg dalam satu kali peluncuran dan menjalankan misi peluncuran jaringan satelit yang mengorbit di orbit menengah dan rendah, serta muatan antariksa berukuran sedang dan besar.

Fairing setinggi 9 meter yang digunakan oleh Gravity-1 menjadi yang terbesar di antara roket-roket komersial China saat ini.

Dengan diameter 4,2 meter, mirip dengan fairing yang digunakan oleh roket pengangkut Long March-7 untuk transportasi kargo stasiun ruang angkasa China, roket ini dapat mengangkut satelit dengan jumlah yang lebih banyak dan ukuran yang lebih besar.

Selama tiga tahun pengembangannya, tim peneliti berhasil mengatasi serangkaian masalah teknis dalam berbagai terobosan, ujar Yao Song, salah satu CEO Orienspace.

Yao mencontohkan, sambungan antara booster roket dan tingkatan inti roket harus hanya seukuran selembar kertas A4, sementara tim berhasil menjadikannya kuat untuk menahan daya dorong yang mencapai 200 ton.

Peluncuran Gravity-1 menandai kemajuan signifikan dalam inovasi wahana peluncuran komersial independen.

Di tengah upaya berkelanjutan China di bidang ini dalam beberapa tahun terakhir, berbagai hasil positif telah dicapai, seperti Zhuque-2, roket metana-oksigen cair pertama di dunia yang berhasil memasuki orbitnya, dan Lijian-1, yang lepas landas dengan membawa 26 satelit.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024