Untuk itu kami berharap ke depan program nasional khususnya pada jaringan telekomunikasi terus dilanjutkan
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menyebutkan kehadiran backbone palapa ring timur dapat mengintegrasikan jaringan hingga ke daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto kepada Antara di Jayapura Jumat mengatakan, pemerintah pusat sudah melakukan intervensi khususnya di daerah pedalaman, melalui beberapa program, salah satunya pemberian akses internet.

“Akses sarana telekomunikasi yang terhubung hingga ke pedalaman Papua salah satunya kehadiran backbone palapa ring timur yang baru saja resmikan,” katanya.

Menurut Jeri, backbone palapa ring timur ini telah dirasakan di daerah-daerah pedalaman 3T, karena pemberian akses internet ini difokuskan  pada bidang pendidikan, kesehatan, dan kantor pemerintah yang area blank spot.

“Untuk itu kami berharap ke depan program nasional khususnya pada jaringan telekomunikasi terus dilanjutkan dengan memastikan semua layanan yang terpasang dan terbangun tetap fungsional,” katanya.

Dia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Papua juga akan terus terlibat serta berkontribusi pada penyediaan akses internet di daerah yang program pusat tidak masuk, sehingga saling mengisi guna mempercepat, dan memangkas kesenjangan digital di Papua.

“Selain infrastruktur, kami juga akan memaksimalkan penguatan literasi bagi pengguna sarana telekomunikasi digital tersebut, sehingga dengan masifnya pembangunan infrastruktur maka diimbangi penguatan literasi,” katanya lagi.

Dia menambahkan, dengan begitu maka memberi nilai tambah atas pembangunan tersebut termasuk pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

“Kami berharap juga perangkat yang telah ada ini tetap terjaga dan fungsional karena ini perangkat elektronik membutuhkan pemeliharaan ekstra agar bisa fungsional lebih lama,” katanya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024