Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan belum menambah pekerja sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 karena beberapa KPU kabupaten/kota di wilayah DKI Jakarta hampir menyelesaikan penyortiran dan pelipatan tiga jenis surat suara.
 
"Untuk sementara ini di KPU kabupaten/kota yang hampir menyelesaikan sortir lipat 3 jenis surat suara, belum akan menambah pekerja sortir lipat," kata anggota KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Sebelumnya, KPU DKI Jakarta per 2 Januari 2024 sudah menerima sebanyak 14,9 juta surat suara DPR dan DPRD DKI untuk Pemilu 2024. Lalu pada Senin (8/1), KPU DKI pun telah menerima surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 8.431.963 lembar.
 
Per 11 Januari, Nelvia menyampaikan KPU DKI Jakarta mencatat sebanyak 13.582.687 surat suara untuk Pemilu 2024 sudah disortir dan dilipat.
 
Adapun 13 juta lebih surat suara itu terdiri atas 3 jenis surat suara, yakni surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD, dan presiden serta wakil presiden.
 
Jumlah itu, ujar Nelvia melanjutkan, akan terus bertambah karena penyortiran dan pelipatan surat suara masih terus berlangsung.
 
"Tapi untuk laporan rekap dari kabupate/kota tentu bertambah per hari ini karena proses sortir lipat terus berlangsung," ucap Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta itu.
 
Hingga saat ini, Nelvia menyampaikan sejumlah KPU kabupaten/kota di wilayah DKI Jakarta telah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan tiga jenis surat suara, yaitu surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD, dan presiden serta wakil presiden.
 
KPU kabupaten/kota tersebut di antaranya adalah KPU Kota Jakarta Pusat dan KPU Kabupaten Kepulauan Seribu.
 
"Untuk KPU Jakpus sudah selesai sortir lipat tiga jenis surat suara, KPU Kabupaten Kepulauan Seribu sudah selesai sortir lipat 3 jenis surat suara," kata Nelvia.

Baca juga: Sebanyak 13 juta surat suara sudah disortir dan dilipat

Baca juga: Posko Bersama Pemilu 2024 di Jakpus resmi beroperasi

Baca juga: Persiapan Pilgub 2024, KPU DKI terus berkoordinasi dengan pemprov

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024