Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan hilirisasi pembenahan perekonomian dapat membantu Pemerintah memajukan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kembali lagi, ini berhubungan dengan hilirisasi," kata Prabowo dalam acara Dialog Calon Presiden yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat.

Prabowo menjelaskan hilirisasi ekonomi perlu dilakukan agar pendapatan negara dari seluruh sektor usaha bisa bertambah.

Setelah penerimaan negara bertambah, lanjut Prabowo, maka Pemerintah perlu melakukan kehendak politik atau political will agar anggaran tersebut bisa dialokasikan untuk pengembangan UMKM.

"Kehendak politik untuk alokasi untuk kredit mikro, pelatihan, pengembangan, dan sebagainya," tambah menteri pertahanan itu.

Baca juga: Prabowo janjikan pupuk murah hingga lumbung pangan untuk petani

Tidak hanya untuk UMKM, kehendak politik itu juga bisa dipakai pemerintah untuk mendorong perusahaan besar agar masuk ke aktivitas perdagangan di tingkat global.

Maka dari itu, Prabowo berjanji akan melalukan hilirisasi ekonomi agar seluruh sektor usaha kecil maupun besar di Tanah Air bisa berkembang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo undang Kadin ke Hambalang diskusi soal pertanian lima jam

Pewarta: Walda Marison
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024