Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengunjungi Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, untuk mendengar aspirasi masyarakat yang berada di sisi lain provinsi tersebut.

Selain di Kota Sibolga, Anies juga mengunjungi Kecamatan Barus di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mendengarkan aspirasi rakyat setempat hingga menyampaikan gagasan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, Anies mengunjungi tiga titik di wilayah tersebut.

"Kami berdiskusi dengan teman-teman di sekitar Medan. Kali ini kami sampai ke sisi lain di Sumut," kata Anies di Kota Sibolga, Sumatera Utara, Jumat.

Di Kecamatan Barus, Anies berziarah ke Kompleks Makam Mahligai untuk menghormati pendahulu yang pada masanya membuat nusantara ini dikenal di dunia. Kompleks makam tersebut memiliki sejarah berkaitan dengan peradaban Islam di Nusantara.

Baca juga: Anies sebut tiga syarat untuk bangun kabinet "sehat"

"Barus adalah salah satu tempat yang dalam catatan sejarah dunia dijadikan salah satu rujukan," jelasnya.

Anies menambahkan daerah pantai barat di Provinsi Sumatera Utara itu merupakan jalur yang paling banyak digunakan. Selain itu, dia menilai daerah tersebut masih bersifat otentik dibandingkan dengan wilayah lainnya di Pulau Sumatera.

"Ketika perjalanan darat dari Aceh sampai ke Lampung sisi barat, sekarang sudah banyak pergeseran; tetapi tempat ini masih memiliki sejarah dan Barus juga begitu," kata Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Komisi III DPR tanggapi ancaman penembakan kepada Anies Baswedan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024