Semarang (ANTARA News) - Perusahaan farmasi nasional SOHO Group mengumumkan kerja sama joint venture (JV) dengan Fresenius Kabi sebagai persiapan menghadapi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang akan diterapkan pemerintah lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Fresenius Kabi merupakan sebuah perusahaan perawatan kesehatan internasional yang berfokus pada produk-produk untuk pengobatan dan perawatan pasien kronis.

"Kerja sama ini akan memperluas produk-produk SOHO Group dengan memperkuat riset serta memperkenalkan teknologi baru, investasi dalam hal fasilitas produksi, dan akses yang lebih luas ke pasar-pasar regional Asia Tenggara," kata Presiden Direktur SOHO Group Marcus Pitt di Semarang, Senin.

Langkah tersebut merupakan strategi kunci SOHO Group dalam mengembangkan produk generiknya untuk kebutuhan SJSN pada 2014 mendatang.

"Joint Venture ini akan berfokus pada obat-obat resep generik dan menggunakan nama PT Ethica Industri Farmasi yang merupakan salah satu anak perusahaan SOHO Group," kata Marcus.

Dalam kerja sama tersebut, Fresenius Kebi akan memberikan kontribusi dalam obat-obat injeksi generik, obat-obat onkologi, dan larutan infus.

Saat ini SOHO Group sedang membangun pabrik baru seluas 20 hektare di Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Dengan adanya JV tersebut diperkirakan akan menambah produksi 20-30 persen dari kapasitas produksi yang sudah di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Produksi tersebut 95 persen didistribusikan di Indonesia dan sisanya diekspor ke 11 negara seperti Malaysia, Nigeria dan Mongolia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013