Artinya, seluruh mitra kita yang menjadi penjual beras SPHP harus mendaftar ke Bulog dengan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Ini bertujuan agar memudahkan distribusi dan mengecek persediaan di lapangan. Apabila sudah habis maka akan sege
Banda Aceh (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Wilayah Provinsi Aceh menyatakan untuk memaksimalkan layanan dan distribusi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) beras di pasaran pada tahun ini seluruh mitra terdaftar dalam sistem distribusi.

“Artinya, seluruh mitra kita yang menjadi penjual beras SPHP harus mendaftar ke Bulog dengan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Ini bertujuan agar memudahkan distribusi dan mengecek persediaan di lapangan. Apabila sudah habis maka akan segera didistribusikan kembali,” kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Aceh Saldi Aldryn di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyebutkan hingga saat ini jumlah beras SPHP yang telah didistribusikan untuk pedagang dalam wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar sebanyak 203 ton dengan total mitra 47 toko.

Menurut dia, jumlah toko penjual beras SPHP tersebut akan terus bertambah di mana saat ini mitra sedang melakukan registrasi baik di Kantor Wilayah dan kabupaten/kota yang siap menjangkau kebutuhan masyarakat.

Ia mengatakan kuota yang diterima untuk beras SPHP akan sama dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 40 ribu ton dan kemungkinan bisa juga bertambah sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

Pada 2023 pihaknya mendistribusikan beras SPHP kepada 1.201 toko yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh termasuk juga di toko retail moderen dengan realisasi stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) mencapai 41.886 ton dari target 42 ribu ton.

Ia menjelaskan program SPHP tersebut merupakan bagian dari upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjaga harga beras di pasaran tetap stabil dan menghadirkan beras dengan harga terjangkau kepada masyarakat.

Pihaknya berharap dengan hadirnya beras SPHP tersebut dapat menekan kenaikan harga beras di pasaran, di mana harga beras yang dijual sangat terjangkau yakni Rp57.500 per sak isi 5 kilogram.

Baca juga: Bulog: Realisasi SPHP 2023 di Aceh capai 41.886 ton

Baca juga: Bulog: Penerima bantuan pangan di Aceh 2024 sebanyak 466.422 KPM

Baca juga: Bulog pastikan cadangan beras tercukupi hingga akhir 2024


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024