Jakarta (ANTARA) - Atlet menembak Davin Rosyiid Wibowo  alihkan fokusnya untuk mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung September mendatang, seusai gagal merebut tiket Olimpiade Paris di Asian Rifle/Pistol Championship 2024.

"Untuk selanjutnya, tahun ini saya fokus PON di Aceh nanti dan tahun berikutnya saya siapkan diri untuk SEA Games," kata Davin saat ditemui seusai kualifikasi nomor 50 meter Rifle 3 Position Men di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Jumat.

Di nomor 50 meter Rifle 3 Position Men, Davin gagal menembus final setelah finis di peringkat 22 dengan skor 578-22x.

Atlet asal Kalimantan Selatan itu tak memungkiri bahwa ia agak kesulitan membidik sasaran karena angin yang cukup kencang. Selain itu, menurut dia, arah angin juga tidak dapat diprediksi.

"Kita termasuk memiliki angin yang sangat susah dibaca ketimbang negara lain. Itu jadi catatan penting saya untuk latihan setiap harinya," ujar Davin.

Davin mengatakan, hasil yang didapat dari kualifikasi hari ini akan menjadi bahan evaluasinya untuk dapat tampil lebih baik di kejuaraan selanjutnya, termasuk PON.

Mengenai persiapan menghadapi PON, Davin mengatakan dia akan berlatih lebih keras dan disiplin, serta terus mengevaluasi diri. Ia pun bertekad untuk membawa pulang medali emas dari ajang tersebut.

Baca juga: Atlet menembak Fathur Gustafian amankan tiket ke Olimpiade Paris 2024

Indonesia menurunkan lima atlet di nomor 50 meter Rifle 3 Position Asian Rifle/Pistol Championship 2024. Selain Davin, ada juga Mohammad Hasan Busri, Edi Susanto, Fathur Gustafian, dan Trisnarmanto. Namun Hasan, Edi, dan Fathur berstatus RPO (Ranking Points Only).

Medali emas untuk nomor tersebut pun dimenangi oleh Akhil Sheoran dari India, medali perak oleh Aishwary Pratap Singh Tomar dari India, sedangkan perunggu oleh Thongphaphum Vongsukdee dari Thailand.

Pada Asian Rifle/Pistol Championship 2024 berlangsung hingga terdapat delapan nomor pertandingan yang masing-masing memiliki dua kuota untuk Olimpiade Paris 2024 yakni 10 meter Air Rifle Men, 10 meter Air Pistol Men, 50 meter Rifle 3 Position Men, Rapid Fire Pistol Men, 10 meter Air Rifle Women, 10 meter Air Pistol Women, 50 meter Rifle 3 Position Women, dan 25 meter Pistol Women.

Sejauh ini, Indonesia telah mengunci satu tiket Olimpiade Paris 2024 melalui Fathur Gustafian setelah berhasil menduduki peringkat empat saat final di nomor 10 meter Air Rifle Men, Rabu (10/1).

Baca juga: Audrey optimistis akan mampu bersaing dengan petembak luar negeri

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024