"Layanan ini bisa mengobservasi terlebih dahulu terkait kondisi psikis seseorang,"
Paringin (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSDKH) Balangan, Kalimantan Selatan menyiapkan pelayanan konsultasi kejiwaan secara daring bagi calon legislator (Caleg) yang maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Direktur RSDKH Balangan drg. Sudirman di Balangan, Jumat, mengatakan para caleg bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengamati kondisi psikologis atau kejiwaan seseorang melalui konsultasi secara daring sebelum bersaing pada Pemilu 2024.

"Layanan ini bisa mengobservasi terlebih dahulu terkait kondisi psikis seseorang," kata Sudirman.

Terkait fenomena caleg yang gagal terpilih pada Pemilu 2024 berpotensi depresi atau gangguan jiwa, Sudirman mengungkapkan tidak semua calon wakil rakyat tersebut dapat mengalami gangguan jiwa karena individu yang menentukan kesiapan.

Sudirman menjelaskan RSDKH Balangan pun memberikan fasilitas pelayanan kejiwaan bagi masyarakat yang terindikasi mengalami depresi atau gangguan jiwa.

“Selama ada dokter jiwa, kita harus melayani semua pasien, termasuk pasien yang terindikasi mengalami gangguan jiwa akibat gagal pada Pemilu 2024 nanti,” tutur Sudirman.

​​​​​​​Sudirman menuturkan RSDKH Balangan menyediakan ruangan rawat inap berkapasitas 100 unit tipe C bagi pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Sudirman menerangkan ciri-ciri seseorang mengalami gangguan jiwa ringan atau sedang bisa merasakan perilaku yang berbeda mulai dari cemas, jantung berdebar, sakit kepala hingga keluhan pada saluran pencernaan.

Sementara itu, gejala pasien gangguan jiwa berat menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti perilaku normal sehari-hari.

"Potensi terjadinya gangguan jiwa juga sangat tergantung pada berbagai hal, penyebabnya yaitu bisa faktor genetik, pola asuh, psikologis serta sosial lainnya," tutur Sudirman.

Pewarta: Imam Hanafi/ragil
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024