Jakarta (ANTARA) - Direktur Irigasi Pertanian pada Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertenian(Kementan) Rahmanto mengadakan inspeksi di situs program Upland Project di Lebak, Banten, untuk menemui petani binaan program tersebut dan mengadakan diskusi untuk menyusun strategi pengembangan tani yang optimal.

"Diskusi dilakukan untuk membahas strategi pelaksanaan proyek, kendala dan tindak lanjut yang diambil," kata Rahmanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Rahmanto di Desa Citorek Tengah, Kecamatan Cibeber Lebak, Banten, dalam rangka monitoring dan evaluasi di sejumlah lini yang digarap oleh Upland Project.

"Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proyek yang sedang berjalan serta berdiskusi bersama pihak terkait di Citorek," ujarnya.

Rahmanto pun bertemu dan berbincang-bincang dengan para petani binaan Upland Project. Berbagai masukan telah diterima Rahmanto dari para petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Selanjutnya Rahmanto melakukan diskusi intensif dengan pihak terkait seperti Kepala Dinas Pertanian Lebak Rahmat didampingi tim Upland Project, Kepala Desa Citorek, dan fasilitator desa.

Rahmanto juga meninjau lokasi P2L (Pekarangan Pangan Lestari) yang dikelola oleh kelompok tani penerima bantuan Upland Project, serta meninjau ke lokasi UPPO BIOGAS di Desa Citorek Tengah.

"Di lokasi tersebut saya melakukan monitoring untuk memastikan bahwa petugas bisa merawat domba dan mengoperasionalkan biodigester," jelasnya.

Rahmanto juga meninjau secara langsung lokasi Jalan Usaha Tani (JUT) yang menjadi mobilitas para petani. Bahkan Rahmanto juga menggunakan jalan tersebut untuk meninjau lokasi kebun manggis yang merupakan salah satu komoditas andalan Upland Project di Kabupaten Lebak.

"Seluruh kegiatan ini merupakan bagian dari upaya evaluasi terhadap proyek dan interaksi langsung dengan penerima bantuan," jelasnya.

Dia berharap kunjungan tersebut dapat memberikan wawasan dan perbaikan terkait pelaksanaan proyek.

Kunjungan dilakukan juga untuk memberikan dorongan dan semangat kepada penerima bantuan untuk lebih maju sehingga menjadi petani yang sejahtera.
Baca juga: Upland Project Kementan bawa produk bawang goreng tembus pasar Belanda
Baca juga: Upland Project Kementan siapkan embung pertanian jelang musim hujan
Baca juga: Upland Project Kementan berkomitmen pemudah akses keuangan petani

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024