Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin (Jubir Timnas AMIN) Surya Tjandra mengatakan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghormati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Megawati Soekarnoputri atas sikap penolakan wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.
 
Surya menyebut PDIP merupakan partai besar yang pada momen-momen tertentu bisa hadir mengawal demokrasi dan menjadi pedoman moral. Sehingga dia pun mengaku menghormati partai yang kini mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden tersebut.
 
"Harus diakui pada momen-momen tertentu Ibu Mega hadir mengawal, menjadi pedoman moral kita," kata Surya di Jakarta, Jumat.
 
Terkait masa depan koalisi dalam Pilpres 2024, menurutnya hal tersebut masih terlalu dini untuk dibahas. Pihaknya pun menurutnya masih menunggu proses Pilpres 2024 hingga hari pencoblosan pada 14 Februari.

Baca juga: Puan pastikan Presiden Jokowi tidak pernah minta perpanjangan jabatan
Baca juga: "Garda Matahari" adakan bimtek saksi pasangan Anies-Muhaimin
 
Di samping itu, dia mengaku memiliki banyak rekan di kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3. Menurutnya ada kesamaan pembicaraan dengan kubu tersebut yakni soal cara mengawal demokrasi di Indonesia.
 
"Biasa aja kita ngobrol-ngobrol kan banyak aktivis HAM di 03, yang mantan Komnas HAM, aktivis pergerakan sosial, mahasiswa juga banyak," katanya.
 
Sebelumnya, Anies Baswedan sempat mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-51 kepada PDIP melalui akun Instagram resminya. Ucapan itu pun direspons oleh kubu tersebut, baik oleh Ganjar Pranowo dan sejumlah petinggi PDIP.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Partai Berkarya resmi berikan dukungan kepada Prabowo-Gibran
Baca juga: Sandiaga Uno optimistis Ganjar-Mahfud masuk putaran kedua pilpres

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024