Alexandria (ANTARA) - Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Abu Qir yang dibangun oleh China di kota pesisir Alexandria, Mesir, mulai beroperasi.

Kapal kargo China "Zhong Gu Ji Lin" yang bermuatan 2.000 peti kemas standar pada Selasa (9/1) pagi waktu setempat berlabuh di sebuah seksi terminal yang telah selesai dibangun sekaligus menandai pembukaan secara resmi.

Pembangunan terminal itu dilakukan oleh China Harbour Engineering Company (CHEC) sejak Maret 2021.

Tahap pertama pembangunan terminal tersebut tuntas pada Oktober 2023, kata kepala CHEC Mesir Duan Kun, seraya menambahkan bahwa pembangunannya saat ini memasuki tahap kedua.
 
Kapal kargo China "Zhong Gu Ji Lin" berlabuh di Terminal Kontainer Pelabuhan Laut Abu Qir yang dibangun China di Alexandria, Mesir, pada 9 Januari 2024. (Xinhua/Xu Gang)   

Keseluruhan konstruksi meliputi pelabuhan, pengerukan, reklamasi, perbaikan saluran, pemecah ombak (revetment), dan bangunan fasilitas pendukung.

Proyek tersebut sejauh ini telah menciptakan lebih dari 2.000 lapangan kerja untuk pasar tenaga kerja lokal. Setelah selesai dibangun, terminal itu mampu menangani 2 juta peti kemas standar per tahun.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024