Brazilia (ANTARA News) - Kejuaraan dunia MotoGP akan kembali diadakan di Autodromo Internacional Nelson Piquet Brazilia pada 2014, demikian dilansir laman resmi motogp.com.

Pada Senin waktu setempat, CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengunjungi sirkuit Brazilia sebelum mengumumkan rencana baru tentang Grand Prix kepada pers. Ezpeleta mengumumkan, kejuaraan dunia bisa kembali ke negeri itu pada paruh kedua musim 2014.

Proposal dari pemerintah Brazil dan promotor lokal IMX yang menguraikan proyek tersebut akan disampaikan kepada Komisi Keselamatan pada balapan akhir pekan berikutnya di Hertz British Grand Prix, Silverstone, menurut laman motogp.com.

Sinyalemen itu diharapkan menjadi lampu hijau untuk memulai proyek pembangunan kembali Sirkuit Brazilia yang dimulai Desember 2013 dan berakhir pada April atau Mei 2014.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengatakan Brazil merupakan salah satu pasar sepeda motor terpenting di dunia. 

"Ini di Amerika Selatan. Sangat baik untuk peliputan televisi. Namun, kembali ke Brazil  ada harapan dari seluruh keluarga MotoGP selama bertahun-tahun. Itu sangat penting bagi kami," katanya.

"Saya pikir ini benar-benar fantastis. Sekarang Brazil terlibat dalam banyak proyek besar, seperti Piala Dunia sepak bola dan Olimpiade.  Ini akan sangat penting bagi mereka, tak hanya pemerintah tetapi juga promotor IMX. Mereka berkomitmen melakukan pekerjaan yang fantastis," tuturnya.

MotoGP diadakan terakhir kali di Brazil pada 2004, ketika kelas balap premier bertitel Rio Grand Prix dan dimenangkan Makoto Tamada. Kembalinya Brazil dalam kalender 2014 menjadikan negara itu sebagai negara kedua yang menjadi tuan rumah setelah Argentina.

Penerjemah: Dewanto Samodro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013