Jombang, Jawa Timur (ANTARA) -
Ribuan petani tembakau Jombang berkumpul guna memberikan dukungan sekaligus menitipkan tiga aspirasi untuk kesejahteraan para petani tembakau kepada Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Kedatangan Ganjar malam itu langsung disambut gegap gempita oleh ribuan petani tembakau Jombang yang kompak meneriakkan nama Ganjar dan bernyanyi bersama.
 
"Kalau ini bukan capres lagi. Saya panggil pak Ganjar presiden kita. Selamat datang di Jombang pak presiden," ucap Winarno (50) salah satu petani tembakau di Gudang Tembakau Desa Bawangan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat malam (12/1).

Baca juga: Mahfud: Relawan berperan penting dalam pemenangan Pilpres 2024
 
Winarno mengatakan baru kali ini ada capres yang mau datang lesehan bareng petani apalagi memang Ganjar dikenal sangat dekat dengan rakyat khususnya petani.
"Maka kami yakin, pak Ganjar jadi presiden. Kami sudah tidak sabar menunggu bapak dilantik. Kami siap menangkan bapak. Sepakat," teriak Winarno.
 
Kesempatan itu juga dimanfaatkan para petani tembakau untuk menitipkan tiga aspirasi ketika Ganjar terpilih menjadi presiden.
 
Pertama, terkait cukai tembakau yang menurut petani selama ini selalu naik sehingga membuat hasil panen tembakau tidak terserap pabrik dengan maksimal.
 
Petani berharap pemerintah tidak terus menerus menaikkan harga cukai secara drastis karena kenaikan tersebut menyengsarakan mereka. "Kami juga meminta bapak membatasi impor tembakau. Utamakan beli tembakau petani dulu, kalau kurang baru impor. Ketiga kami minta agar ketersediaan pupuk dipenuhi," tegas Winarno.

Baca juga: 23 purnawirawan jenderal dan ribuan pensiunan ASN dukung Ganjar-Mahfud
 
Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan isu cukai memang selalu menjadi problem bagi petani tembakau.
 
"Memang harus lakukan penyeimbangan. Dan kalau konteks ini cukup sering diskusi dengan pemerintah pusat, khususnya Menteri Keuangan agar kebijakan cukai tidak memberatkan," jelasnya.
 
Ganjar menegaskan pemerintah juga harus mengutamakan untuk membeli tembakau petani sebelum melakukan impor tembakau agar para petani tidak merugi. "Termasuk soal pupuk, memang kita harus tambah kuota pupuk bersubsidi. Pasokan pupuk memang harus diperbanyak, caranya dengan membangun pabrik pupuk dalam negeri," jelasnya.

Baca juga: Mahfud harap masyarakat gunakan rasionalitas dalam memilih pemimpin
 
Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024